Hadapi Arus Mudik 2022, Exit Tol KM 149 Gedebage Siap Digunakan Jika Terjadi Kepadatan di Cileunyi

- 5 April 2022, 10:00 WIB
Kepala BPTD IX Wilayah Jabar, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Denny Michel saat ditemui di Tasikmalaya disela pantauan jalur mudik 2022 bersama Dishub Jabar Senin, 4 April 2022.
Kepala BPTD IX Wilayah Jabar, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Denny Michel saat ditemui di Tasikmalaya disela pantauan jalur mudik 2022 bersama Dishub Jabar Senin, 4 April 2022. /Tommy Riyadi/prfmnews

PRFMNEWS - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memprediksi lonjakan pemudik akan terjadi pada Lebaran tahun 2022 ini, seiring diperbolehkannya masyarakat melakukan perjalanan mudik.

Salah satu titik yang jadi perhatian pada setiap musim mudik yaitu gerbang tol Cileunyi.

Guna mengantisipasi adanya kepadatan di gerbang tol Cileunyi, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan Jasa Marga menyiapkan exit tol Gedebage KM 149 sebagai solusi untuk mengurai kepadatan keluar tol Cileunyi.

"Rencana pembukaan exit tol KM 149 akan dikeluarkan saat kendaraan sudah terjadi antrean berkilo-kilo meter. Sehingga, nanti kendaraan kecil akan distribusikan arusnya keluar menuju Gedebage," ujar Kadishub Jabar, A. Koswara di Kota Tasikmalaya, Selasa, 5 April 2022.

Baca Juga: Hukum Mengupil Saat Sedang Berpuasa, Buya Yahya: Boleh, Asalkan Tidak Begini

Perihal ini, lanjut Koswara, untuk mengurai kemacetan pemudik diberikan opsi pilihan untuk menggunakan jalur alternatif yang akan dikondisikan dengan pembuangan kendaraan di KM 149.

"Nantinya, pemudik bisa menuju jalur alternatif seperti Sapan, Cicalengka hingga Cijapati. Dan jalur Cijapati akan coba disurvei untuk kesiapan dan keamanan bagi pemudik saat digunakan nanti," tambahnya.

Mengenai gerbang tol Cileunyi, Koswara menyinggung masih minimnya gerbang yang dioperasikan di Cileunyi yang saat ini dinilai belum cukup banyak untuk melayani kendaraan yang melintas saat mudik nanti. Alasannya, volume kendaraan diprediksi akan jauh lebih banyak dibanding mudik 2 tahun lalu.

Baca Juga: Hadapi Arus Mudik Balik 2022, Tiga Persoalan Ini Masih Jadi Perhatian Serius

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x