Kendala Pemprov Jabar Hadapi Lonjakan Omicron, Kadinkes: Sasaran Dosis 1 Susah Dicari

- 19 Februari 2022, 06:57 WIB
Ilustrasi Vaksinasi/Humas Kota Bandung
Ilustrasi Vaksinasi/Humas Kota Bandung /

PRFMNEWS - Menghadapi gelombang tiga Covid-19 akibat lonjakan kasus Omicron, Pemprov Jawa Barat melakukan berbagai strategi, salah satunya percepatan vaksinasi.

Namun dalam perjalanannya, ternyata masih menemukan sejumlah kendala. Dalam hal ini adalah sulitnya mencari masyarakat yang belum divaksin sama sekali.

"Kendalanya sasaran dosis 1 sudah mulai susah dicari, bahkan sudah dilakukan penyisiran sasaran seperti door to door, maupun vaksinasi keliling," ujar Nina dalam keterangan resminya, Jumat 18 Februari 2022.

Baca Juga: Rencana Pemkab Garut Gelar Vaksinasi Booster di Area Pusat Keramaian, Termasuk Stasiun Garut

Kemudian, ketersediaan jenis vaksin tertentu seperti Moderna belum dapat dipenuhi oleh pusat, sehingga kabupaten dan kota yang melakukan permohonan vaksin tersebut belum bisa dipenuhi.

Hal tersebut dapat menghambat bagi sasaran penerima dosis 1 yang mendapat Moderna, maka dosis kedua harus menunggu sampai vaksin diperoleh dari pusat.

Untuk kendala vaksin penguat (dosis 3) dilakukan bertahap karena terkait dengan persyaratan harus sudah memiliki e-tiket.

Baca Juga: Viral, Seorang Kakek di Bekasi Kabur ke Kuburan saat Didatangi Petugas Vaksin Covid-19

"Ada kecenderungan masyarakat memilih vaksin tertentu untuk penguat, padahal tidak semua vaksin stok tersedia," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x