BBM Rembes di Anak Sungai Cinambo, Pertamina Pastikan Lakukan Pembersihan

- 16 April 2020, 16:44 WIB
Pengecekan upaya isolasi rembesan minyak dari Fuel Terminal Bandung Group bersama Polsek Cinambo, Kodim Sektor 22 Satgas Citarum Harum. Pertamina melokalisir minyak dengan snake oil sorbent dan membuat pagar pembatas.
Pengecekan upaya isolasi rembesan minyak dari Fuel Terminal Bandung Group bersama Polsek Cinambo, Kodim Sektor 22 Satgas Citarum Harum. Pertamina melokalisir minyak dengan snake oil sorbent dan membuat pagar pembatas. /Dok Pertamina.

BANDUNG, (PRFM) - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III hingga hari ini terus berupaya maksimal membersihkan sisa lapisan minyak yang berada di anak Sungai Cinambo, Bandung, Jawa Barat.

Dalam situasi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang tengah diterapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di wilayah Bandung, tim Health Safety Security and Environment (HSSE) dan tim teknis Fuel Terminal (Terminal BBM) Bandung Group masih melakukan penanganan untuk memastikan minyak yang sempat merembes ke area anak sungai Sungai Cinambo.

Unit Manager Communication Relations & CSR Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami menjelaskan, langkah-langkah penanganan dilakukan Pertamina baik di dalam lokasi Fuel Terminal Bandung Group maupun di luar lokasi Fuel Terminal.

Salah satunya yakni melokalisir minyak dengan snake oil sorbent, membuat pagar pembatas, serta melakukan penggalian di dalam lokasi Fuel Terminal.

“Dengan langkah ini, kami telah mengisolir sumber rembesan minyak tersebut, sehingga minyak tidak lagi tercecer ke saluran anak sungai Cinambo,” jelas Dewi dalam keterangan resmi Pertamina yang diterima Redaksi PRFM, Kamis (16/4/2020).

Dewi menyatakan, pihaknya menyesalkan kejadian tersebut dan meminta maaf atas kejadian ini. 

Bermula dari laporan aparat Polsek Cinambi pada Minggu malam (12/4/2020), sekitar pukul 22.00 WIB, terdapat BBM disekitar sungai Cinambo yang menuju muara Sungai Citarum.

Dari keterangan tersebut, tim Pertamina langsung memeriksa sekitar area operasional Fuel Terminal Bandung Group – Ujungberung. Pemeriksaan pada lokasi Oil Catcher menunjukkan kondisi aman, tidak ditemukan pertanda kebocoran BBM.

Pengecekan dilanjutkan ke area lain, namun kondisi hujan deras menyebabkan pemeriksaan dihentikan sementara. Pemeriksaan ini berlanjut pada Senin pagi (13/4/2020).

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x