Keberhasilan PSBB di Bodebek Harus Dibarengi Kedisiplinan Warga

- 15 April 2020, 06:18 WIB
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Provinsi Jawa Barat Berli Hamdani Gelung Sakti.* HUMAS JABAR
Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Provinsi Jawa Barat Berli Hamdani Gelung Sakti.* HUMAS JABAR /

BANDUNG,(PRFM) - Sebagaimana diumumkan sebelumnya, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) telah menyetujui pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di 5 daerah di Jawa Barat yang bertetanggaan dengan DKI Jakarta yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok (Bodebek). PSBB di lima daerah tersebut akan dimulai 15 April 2020 hingga 28 April 2020.

Baca Juga: Kecamatan Andir Tutup Operasional Pedagang Non Pangan

PSBB ini dilakukan sebagai upaya penanganan penyebaran COVID-19.

Namun demikian, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Provinsi Jawa Barat Berli Hamdani Gelung Sakti menegaskan, PSBB ini akan berhasil jika dibarengi dengan kedisiplinan warga dan konsistensi rapid diagnostic test (RDT) masif.

Berli yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat ini mengatakan, RDT masif tetap akan dilakukan di kawasan Bodebek untuk memetakan penyebaran COVID-19.

“Untuk PSBB Bodebek, rapid test masif akan tetap dilanjutkan, bahkan mungkin dengan ekskalasi yang lebih besar, “ ujar Berli, Selasa (14/4/2020).

Baca Juga: Umuh Serahkan Pengganti Tisha kepada Ketua PSSI

Berli menjelaskan, RDT masif dapat menunjang keberhasilan PSBB Bodebek karena tujuan kekarantinaan kesehatan tersebut adalah memutus rantai penularan, merawat dan mengobati penderita COVID-19.

“Pelaksanaan rapid test untuk melacak kontak lekat penyebaran COVID-19. Dengan demikian yang positif mudah ditemukan, bisa segera diobati atau dirawat sebelum menunjukkan gejala membahayakan. Jadi selain akan menekan jumlah kematian, rapid test masih juga akan meningkatkan angka kesembuhan,” jelas Berli.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Pemprov Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x