Emil Alih Fungsikan Hotel Preanger Jadi Tempat Tinggal Tenaga Medis

- 7 April 2020, 15:54 WIB
 GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil Meninjau Hotel Preanger Bandung, Selasa (7/4/2020).*
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil Meninjau Hotel Preanger Bandung, Selasa (7/4/2020).* /ISTIMEWA

BANDUNG, (PRFM) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya merasa perlu untuk memberi tempat tinggal khusus bagi tenaga medis yang menangani pasien virus corona (Covid-19) demi menghindari kesalahpahaman dengan masyarakat.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengubah Hotel Preanger yang terletak di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung menjadi tempat tinggal sementara bagi dokter dan tenaga medis lainnya yang menangani pasien virus corona.

Hotel bersejarah ini merupakan aset negara yang kini dikelola PT Jasa dan Kepariwisataan (Jaswita) Jabar, salah satu BUMD milik provinsi Jawa Barat.

Peralihan fungsi sementara ini akan diberlakukan hingga tiga bulan ke depan.

"Kita harus melawan stigma yang menilai tenaga kesehatan ini harus dijauhi karena turut menyebarkan virus corona," kata gubernur yang akrab disapa Emil disela-sela peninjauannya di Hotel Preanger, Selasa (7/4/2020).

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Rp110 Triliun untuk Jaring Pengaman Sosial

Emil menilai para dokter dan petugas kesehatan lainnya ini merupakan pahlawan karena berada di barisan paling depan dalam mengatasi pandemi tersebut.

"Jadi kita harus dukung dengan segala cara," katanya.

Dengan adanya tempat tinggal sementara yang tidak besentuhan dengan hunian masyarakat, Emil berharap para tenaga medis ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan tenang dalam memerangi virus corona ini.

Terlebih, Preanger merupakan hotel bintang lima sehingga Emil berharap para petugas medis bisa menikmati pelayanan terbaik.

"Silakan nikmati fasilitas pelayanan yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mungkin menjadi satu-satunya hotel bintang lima di Indonesia yang digunakan sebagai tempat tinggal para tenaga kesehatan dan dokter yang bertugas menangani Covid-19," ungkapnya.

Baca Juga: Mudik Dibatasi, Pemerintah Harus Beri Subsidi Perusahaan Otobus

Dia optimistis para tenaga medis ini akan mendapatkan layanan terbaik karena alih fungsi ini sudah dipersiapkan dengan baik.

Bahkan, Emil memuji kinerja PT Jaswita Jabar dalam menyediakan tempat tinggal sementara bagi dokter dan tenaga medis lainnya ini.

"Saya apresiasi Jaswita Jabar karena mampu menyiapkan ini dengan sebaik mungkin. Sehingga pesan positifnya, semua pihak terlibat dalam memerangi covid-19," katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Jasa dan Kepariwisataan Jabar (Perseroda) Deni Nurdyana Hadimin mengatakan, di Hotel Grand Preanger ini disiapkan 200 kamar bagi para tenaga meids.

Selain itu, pihaknya juga meberikan layanan antar jemput untuk memudahkan mobilitas para petugas saat berangkat dan pulang dari rumah sakit.

Lebih lanjut dia katakan, penyiapan Hotel Grand Preanger sebagai tempat tinggal sementara para petugas kesehatan merupakan respons pihaknya terhadap permintaan Emil.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Polrestabes Bandung Gelar Operasi Keselamatan Lodaya 2020

Menurutnya, mantan Wali Kota Bandung itu meminta BUMD Jawa Barat agar aktif dalam meminimalisasi penyebaran virus korona di Jawa Barat.

"Pak Gubernur memberikan arahan kepada BUMD Jabar, khususnya Jaswita Jabar untuk turut berperan aktif dalam upaya meminimalisir penyebaran virus corona di Jawa Barat. Karena kami bergerak di bidang jasa dan kepariwisataan, maka upaya kami adalah menyiapkan hotel yang dimiliki Jaswita Jabar untuk digunakan sebagai tempat tinggal sementara para petugas kesehatan selama bekerja merawat pasien yang terpapar virus corona," katanya.

Menurut Deni, Hotel Preanger dipilih karena lokasinya yang cukup strategis berada di pusat Kota Bandung.

Deni menambahkan, penyiapan hotel milik Jaswita Jabar sebagai tempat tinggal sementara ini juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan pihaknya kepada para petugas kesehatan yang selama ini berjuang terdepan dalam merawat dan menolong warga yang terpapar virus corona.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x