Buntut Demo Berujung Ricuh, Polda Jabar Amankan Ratusan Peserta Demo GMBI

- 27 Januari 2022, 20:29 WIB
Polisi memeriksa urine anggota GMBI, di Mapolda Jabar, Kamis, 27 Januari 2022./Remy Suryadie/Galamedia
Polisi memeriksa urine anggota GMBI, di Mapolda Jabar, Kamis, 27 Januari 2022./Remy Suryadie/Galamedia /

PRFMNEWS - Aksi Demonstrasi ratusan anggota Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di depan Markas Polisi Daerah (Mapolda) Jawa Barat berujung ricuh. Akibat kejadian tersebut, ratusan anggota GMBI akhirnya diamankan Polda Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya berhasil mengamankan sebanyak 725 pengunjuk rasa yang didalamnya terdapat 25 residivis.

"Polda Jawa Barat telah mengamankan sebanyak kurang lebih 725 orang, dimana 301 diantaranya ini bertato, dan 24 lainnya residivis," ujar Ibrahim kepada wartawan di Mapolda Jabar, Kamis, 27 Januari 2022.

Selain mengamankan ratusan orang tersebut, sejumlah barang bukti salah satunya enam buah senjata tajam, 85 mobil dan 193 motor yang turut diamankan polisi. Dari hasil pemeriksaan kepada ratusan anggota ormas tersebut, Ibrahim mengungkapkan sekira 16 orang yang diamankan tersebut positif menggunakan narkoba.

Baca Juga: Disebut Lebih Rendah, Kenali Efek Samping Usai Vaksin Covid-19 yang Wajar Terjadi pada Anak

"Jadi mereka ini pada saat dilakukan penggeledahan ada beberapa buah senjata tajam, ada enam kita temukan. Nah dari pemeriksaan itu, kami juga melakukan pemeriksaan Narkoba, dan didapat ada 16 orang yang positif narkoba," katanya

Ibrahim pun menegaskan, pemeriksaan masih terus dilanjutkan guna mencari dalang utama kericuhan yang merusak sejumlah fasilitas milik negara di Mapolda Jabar.

"Guna memberikan Kamtibmas di masyarakat, Polda Jabar juga akan melakukan pencarian aktor intelektual yang menginisiasi Kegiatan ini (Demonstrasi) serta memprovokasi timbulnya tindakan anarkis dari pengujuk rasa tersebut," tandasnya.

GMBI Memohon Maaf Atas Kerusakan Yang Terjadi

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x