Jogging Track Unik Berbahan Limbah di Bandung, Lari Sambil Wisata Gratis di Bantaran Sungai Citarum

- 26 Januari 2022, 14:32 WIB
Jogging Track Unik Berbahan Limbah di Bandung, Lari Sambil Wisata Gratis di Bantaran Sungai Citarum
Jogging Track Unik Berbahan Limbah di Bandung, Lari Sambil Wisata Gratis di Bantaran Sungai Citarum /Satgas Citarum Harum


PRFMNEWS – Bandung punya jogging track unik dibuat dari bahan limbah sepanjang 1.500 meter dan lebar 2,5 meter. Jogging track ini berada di sepanjang bantaran Sungai Citarum.

Jogging track berbahan limbah ini tepatnya berada di Kampung Neglasari RT 4 RW 12, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Di sepanjang jogging track ini, warga dapat berolahraga sambil berwisata gratis menikmati keindahan pemandangan hijau di sekitar aliran Sungai Citarum.

Baca Juga: Ridwan Kamil Dampingi Jokowi di Skotlandia dan Akan Bicara Tentang Penanganan Revitalisasi Citarum

Jogging track unik ini dibangun memanfaatkan limbah hebel yang digagas oleh Komandan Sektor 9 Citarum Harum, Kolonel Infanteri Ahmad Yani.

“Pembangunan jogging track ini menggunakan bahan baku “Limbah Hebel” atau barang bekas yang sudah tidak bisa digunakan untuk pembangunan rumah atau gedung,” kata Kapendam III/Slw Kolonel Inf Ari Tri Hedhianto, dikutip prfmnews.id dari laman Citarum Harum Juara.

Ari menambahkan, pemenuhan kebutuhan bahan baku limbah hebel dipasok dari pabrik yang khusus memproduksi hebel, berada tidak jauh dari wilayah Sektor 9 dan diperoleh secara gratis.

Baca Juga: Kualitasi Membaik, Sebagian Besar Sungai Citarum Kategori Cemar Ringan

Limbah hebel dari pabrik diangkut oleh armada milik Sektor 9 Citarum Harum menuju lokasi pembangunan jogging track.

“Alhamdulillah bahan baku tidak mengalami kesulitan, karena ada pabrik yang memproduksi bahan bangunan hebel, dan memberikan yang sudah tidak dapat dipasarkan kembali, kebetulan juga lokasinya tidak jauh dari Sektor 9,”ujarnya.

Pembangunan jogging track ini dikerjakan oleh anggota Satgas Citarum bersama warga yang bermukim di Kampung Neglasari sekitar lokasi.

Baca Juga: Ternyata di Katapang Ada Instalasi Air Bersih Layak Konsumsi, Sumbernya Berasal dari Sungai Citarum

Keberadaan jogging track ini bertujuan untuk membangkitkan semangat masyarakat sekitar dalam berolahraga. Selain itu untuk mendekatkan masyarakat dengan sungai, sehingga akan mencintainya dan ikut merawat bersama.

“Melalui jogging track juga diharapkan masyarakat dapat menikmatinya,” pungkas Ari.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x