BPBD Jabar Siapkan Langkah Antisipasi Potensi Bencana di DAS Citarum

- 12 Juni 2021, 19:58 WIB
Ilustrasi banjir.
Ilustrasi banjir. /Prfmnews/PRFM

PRFMNEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) menyiapkan sejumlah langkah guna mengantisipasi potensi bencana yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS).

Kepala Pelaksana BPBD Jabar Dani Ramdan mengatakan, dari 13 kota dan kabupaten yang terlewati Sungai Citarum, jika dilihat dari sisi kajian risiko bencana terdapat dua jenis potensi bencana yaitu banjir dan longsor.

Untuk daerah rawan banjir yang menjadi perhatian mereka adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Subang.

Sementara untuk rawan longsor, yaitu Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Purwakarta.

“Di situ DAS Citarum melewati area-area yang kemiringannya cukup tinggi,” ujar Dani dikutip dari laman Humas Jabar, Sabtu 12 Juni 2021.

Baca Juga: Breaking News! Haji 2021 Dibatasi Hanya untuk 60 Ribu Jemaah di Arab Saudi

Dani menambahkan, karakteristik bencana yang rawan terjadi di DAS Citarum termasuk dalam becana hidrometeorologi basah dan kering.

“Yang basah seperti banjir, longsor. Banjirnya juga ada banjir biasa, genangan, juga banjir bandang. Kebetulan di daerah aliran sungai itu bisa terjadi. Lalu untuk hidrometeorologi keringnya yaitu kekeringan. Ada beberapa daerah di DAS Citarum pada saat kemarau dia kekurangan air bersih,” tuturnya.

Selain itu kata Dani, karena DAS Citarum itu juga terdampak oleh patahan di Lembang dan lahan kritis di bagian barat.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: Humas Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x