Senator Amerika Serikat Dukung Surat Perintah Penangkapan Para Pemimpin Israel

- 24 Mei 2024, 05:00 WIB
Senator Independen Amerika Serikat, Bernie Sanders
Senator Independen Amerika Serikat, Bernie Sanders /REUTERS/Yuri Gripas

PRFMNEWS - Senator independen Amerika Serikat, Bernie Sanders menyatakan dukungan terhadap rencana penangkapan para pemimpin Israel.

Sanders menyatakan dukungan permintaan kepala jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC), Karim Khan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan para pemimpin Israel.

Sanders pun menyebut Amerika Serikat harus menghormati hukum internasional apabila surat perintah penangkapan para pemimpin Israel diterbitkan.

"Menurut saya, ICC berusaha menegakkan hukum internasional dan standar minimum kelakuan baik. Pemerintah kita juga harus melakukan hal yang sama," ujarnya seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Jumat 24 Mei 2024.

Sebelumnya, kepala jaksa ICC Karim Khan mengajukan surat perintah penangkapan untuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallants kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang terjadi di Jalur Gaza.

Sanders mengatakan ketika ICC menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai penjahat perang tahun lalu, pemerintah Amerika Serikat menyambut baik keputusan tersebut.

“Beberapa orang berpendapat bahwa tidak adil membandingkan kepala pemerintahan Israel yang terpilih secara demokratis dengan Putin, yang menjalankan sistem otoriter. Ya, pejabat yang dipilih secara demokratis (tetap) dapat melakukan kejahatan perang,” tuturnya.

"ICC sedang melakukan tugasnya. Mereka melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Kita tidak bisa hanya menerapkan hukum internasional jika hal tersebut menguntungkan (bagi kita)," tambahnya.

Sanders pun mengingatkan para senator lainnya bahwa lebih dari 35.000 warga Palestina telah terbunuh dan hampir 80.000 orang lainnya terluka sejak dimulainya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah