Dokter Berhasil Transplantasi Jantung Babi ke Manusia, Pasien Bernapas Normal dan Sehat

- 29 September 2023, 11:00 WIB
Lawrence Faucette Berhasil Hidup dengan Transplantasi Jantung Babi
Lawrence Faucette Berhasil Hidup dengan Transplantasi Jantung Babi //Nosheep-pixabay/

PRFMNEWS - Para dokter di University of Maryland Medical Center melakukan transplantasi jantung babi ke manusia pada 20 September 2023. Ini merupakan yang kedua kalinya di dunia.

Seorang warga Amerika Serikat, Lawrence Faucette (58) berhasil menerima transplantasi jantung babi ke dalam tubuhnya yang dilakukan di Pusat Medis Universitas Maryland (UMMC) pada 20 September 2023.

Terobosan ini dilakukan oleh tim yang sama di UMMC yang telah melakukan eksperimental pertama mereka pada 2022 lalu. Dengan operasi transplantasi jantung babi itu, tim medis mengklaim Lawrence bisa bernapas dengan normal.

Baca Juga: Wisatawan Tak Bisa Berfoto dengan Patung Merlion Sampai 13 Desember 2023

"Saat ini dapat bernapas sendiri, dan jantungnya berfungsi dengan baik tanpa bantuan alat apa pun," bunyi penggalan dari siaran pers pihak Pusat Medis.

Lawrence menderita penyakit jantung stadium akhir. Dia menderita penyakit pembuluh darah perifer dan komplikasi pendarahan internal yang membuatnya tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung tradisional.

Namun tim dokter University of Maryland Medicine mempunyai opsi lain untuk ditawarkan kepada Lawrence, yakni jantung babi. Ia akan diawasi secara ketat untuk melihat tanda-tanda penolakan atau perkembangan virus terkait babi.

Baca Juga: Isi Edaran Kemenkes soal Virus Nipah, Waspadai Gejala hingga Upaya Cegah Penularan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x