Kerajaan Selangor Malaysia Tertarik Belajar Program Smart City dari Pemkot Bandung

- 8 September 2023, 19:00 WIB
Program Smart City Pemkot Bandung dapat dilirik Universiti Sains Malaysia dan Kerajaan Negeri Selangor
Program Smart City Pemkot Bandung dapat dilirik Universiti Sains Malaysia dan Kerajaan Negeri Selangor /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Program Kota Cerdas (Smart City) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapat perhatian internasional khususnya dari Universiti Sains Malaysia dan Kerajaan Negeri Selangor.

Setiausaha Kerajaan Negeri Selangor Dato H. Haris bin Kasim sengaja datang dari Malaysia untuk mempelajari program Smart City Kota Bandung. Acara pertemuan ini dikemas dalam program Selangor Leadership Catalyst yang digelar oleh Kerajaan Negeri Selangor dan Universiti Sains Malaysia.

Dato H. Haris bin Kasim mengaku ada banyak hal yang dipelajarinya terkait pemberlakuan program Smart City selama ia berkunjung ke Kota Bandung, salah satunya soal integrasi data.

Baca Juga: Flare Jadi Penyebab Kebakaran di Bromo, Manajer WO Ditetapkan Jadi Tersangka

Menariknya, ia mengaku hal ini belum bisa diterapkan di Malaysia. Sehingga, pihak Kerajaan Negeri Selangor melakukan studi banding ke beberapa negara untuk belajar tentang sistem integrasi data melalui program Smart City.

"Kota Bandung punya sistem CCTV, integrasi data, dan smart city, salah satu yang terbaik di dunia,” kata dia dalam Pelepasan Delegasi Malaysia yang mengunjungi Kota Bandung, Kamis 7 September 2023.

Sesuai tema acara ‘Transformasi Organisasi Melalui Pendekatan Tadbir Urus Bersepadu’, Dato Haris berharap studi tiru terkait integrasi data, dan lebih luas lagi soal Smart City bisa menjadi bekal bagi pihaknya untuk menghadirkan sistem pemerintahan yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan 2023 Diharapkan Jadi Sarana Bangun Olahraga, Olahrasa, dan Olahkarya

"Semoga bisa menjadi contoh bagi kami, untuk generasi di masa depan. Kita pulang dari Bandung harus membawa oleh-oleh ilmu dan hal positif buat masyarakat," tuturnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x