Kronologis Koper Peserta Haji Indonesia Berisi Rokok Setara 2 Karung Disita Bea Cukai Arab Saudi

- 18 Juni 2023, 17:30 WIB
 Para jamaah haji sedang berada di sekitar Ka'bah/Dirjen Imigrasi.
Para jamaah haji sedang berada di sekitar Ka'bah/Dirjen Imigrasi. /

PRFMNEWS – Seorang peserta haji kloter 65 Embarkasi Surabaya (SUB-65) yang baru mendarat di Jeddah, Arab Saudi kedapatan membawa dua koper penuh berisi rokok dan empat koper berisi rokok bercampur dengan baju.

Kronologi jemaah calon haji asal Indonesia itu ketahuan membawa enam koper berisi rokok usai mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz ini diungkap Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Haryanto.

Kronologis peserta haji tersebut ketahuan membawa barang bawaan berlebihan yang ternyata didominasi rokok itu, kata Haryanto, terdeteksi saat kopernya melewati pemeriksaan X-Ray Bea Cukai di bandara.

Baca Juga: Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Adha 2023 Hari ini, Kemenag Umumkan Hasil Sidang Jam 19.05 WIB

"Hari ini satu kloter yang mendarat di Jeddah SUB-65 ada permasalahan, jamaah haji membawa enam koper, dua di antaranya adalah rokok semua, dan yang empat ada baju juga ada rokok," ujar Haryanto, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Enam koper jamaah tersebut kemudian dibongkar paksa petugas Bea Cukai Bandara Jeddah. Seluruh rokok dalam jumlah besar yang disimpan dalam koper-koper itu pun disita oleh petugas.

"Nah yang boleh dibawa adalah koper yang dalam keadaan kosong, sehingga koper itu kami titipkan ke kloter berikutnya untuk disampaikan ke jamaah yang bersangkutan," ucap Haryanto.

Baca Juga: 100 Anak Ikut Khitanan Massal yang Diadakan Polresta Bandung

"Ini salah satu jamaah haji yang membawa berlebihan, sehingga disita. Kalau membawanya wajar dua selop misalnya, saya rasa tidak ada masalah," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x