40 Jumlah Jemaah Haji Tahun 2023 Meninggal di Tanah Suci, Berikut Daftar dan Embarkasinya

- 12 Juni 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi jemaah haji.
Ilustrasi jemaah haji. /Dok. PRFM News.

PRFMNEWS - Hingga hari ke-18 haji 2023, petugas operasional ibadah haji 2023 atau 1444 Hijriah mengabarkan bahwa, jumlah jemaah haji yang meninggal dunia bertambah menjadi 40 orang di tanah suci.

Sementara berdasarkan data Pusat Kesehatan Haji Kementerian kesehatan (Kemenkes) RI, penyebab kematian pada jemaah haji ini terbanyak dipicu Infark Miokard Akut, yakni penyakit jantung yang disebabkan karena sumbatan pada arteri koroner sebanyak 16 kasus.

Kemudian 6 kasus akibat Syok Kardiogenik atau suatu kondisi di mana jantung tidak dapat memompa darah untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Kondisi ini sering kali dipicu oleh serangan jantung berat. Selain itu juga ada 2 kasus Syok Septik. Sementara selebihnya tidak disebutkan penyebabnya.

Baca Juga: Kemenag Sediakan Aplikasi Pengaduan Masalah Jemaah Haji

Kadaker Makkah Khalilurrahman mengatakan jika ada jamaah yang wafat maka yang harus dilakukan adalah melaporkannya ke pihak hotel. Selanjutnya pihak hotel akan menghubungi pihak maktab dan dimintakan surat meninggal dari dokter kloter.

"Mayit dapat disholatkan di Masjidil Haram jika pihak keluarga menginginkan," kata Khalil di Mekkah, Minggu, 11 Juni 2023.

Semua pengurusan jenazah, kata dia, hingga dimakamkan akan diurus oleh maktab. Sehingga, menurut Khalil, tidak ada pilihan bagi keluarga untuk memilih waktu dan lokasi pemakaman, kecuali jika ulama besar yang meninggal.

Baca Juga: Bolehkah Menggunakan Pil Penunda Haid Bagi Jemaah Haji? Simak Penjelasannya Berikut ini

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x