Fakta-fakta Seputar Gempa Turki yang Menewaskan Ribuan Korban

- 14 Februari 2023, 21:26 WIB
Abdulalim Muaini terbaring di bawah reruntuhan di samping jenazah istrinya Esra, setelah gempa mematikan di Hatay, Turki, 8 Februari 2023
Abdulalim Muaini terbaring di bawah reruntuhan di samping jenazah istrinya Esra, setelah gempa mematikan di Hatay, Turki, 8 Februari 2023 /Umit Bektas/Reuters


PRFMNEWS - Setidaknya 31.643 kematian telah dilaporkan di Turki, sementara 4.614 orang telah meninggal di Suriah. Jumlah korban tewas kemungkinan akan terus meningkat.

Korban tewas akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,8 dan gempa susulan yang melanda wilayah tenggara Turki di sepanjang perbatasan dengan Suriah terus meningkat.

Gempa bumi pertama terjadi pada pukul 04:17 pagi pada hari Senin dan berpusat di distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras.

Baca Juga: Bayi Perempuan Ditemukan Dalam Keadaan Hidup Diantara Reruntuhan Gempa Turki

Kurang dari 12 jam kemudian, gempa kedua berkekuatan 7,6 melanda wilayah yang sama. Lebih dari 100 gempa susulan tercatat setelah pejabat mengimbau masyarakat untuk tidak memasuki bangunan yang rusak karena risikonya.

Ribuan orang juga terkena dampak di seberang perbatasan di provinsi Aleppo, Idlib, Hama, dan Latakia di Suriah. Daerah yang terkena dampak gempa bumi di sisi Suriah terbagi antara wilayah yang dikuasai pemerintah dan kantong tanah terakhir yang dikuasai oposisi negara itu, dikelilingi oleh pasukan pemerintah yang didukung Rusia.

1. Korban tewas akibat gempa

Setidaknya 31.643 kematian telah dilaporkan di Turki, sementara 4.614 orang telah meninggal di Suriah. Jumlah korban tewas kemungkinan akan terus meningkat.

Harapan untuk menemukan orang hidup telah meredup dan para ahli khawatir jumlah korban bisa meningkat tajam.

Baca Juga: Ankara Kirim Lagi Tim Evakuasi WNI ke Daerah Terdampak Gempa Turki

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x