Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

- 12 Februari 2023, 16:00 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy lepas bantuan korban gempa Turki dan Suriah di  Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu 11 Februari 2023.
Menko PMK Muhadjir Effendy lepas bantuan korban gempa Turki dan Suriah di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu 11 Februari 2023. /Dokumentasi Kemenko PMK

PRFMNEWS - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI) menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera mengkoordinasikan upaya bantuan bagi para korban gempa di Turki dan Suriah pada Rabu, 8 Februari 2023.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melepas keberangkatan pengiriman bantuan ke Turki.

Bertempat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Sabtu 11 Februari 2023, bantuan yang dikirim tersebut berasal dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan RI) dan Basarnas.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 8 Tanda Kalau Tubuh Kamu Kecanduan Gula

Menko Muhadjir menyebut pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan berupa Emergency Medical Team (EMT), Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR), kebutuhan logistik serta bantuan lainnya yang akan dikirimkan secara bertahap.

"Bantuan tahap pertama yang akan diberangkatkan hari ini kita mengirimkan MUSAR Team mengingat pentingnya pencarian dan penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan bangunan selama masa kritis," ucap Muhadjir dikutip prfmnews.id dari keterangan resmi Kemenko PMK pada Minggu, 12 Februari 2023.

Barang bantuan dari Kemenhan RI berupa jas hujan 80 koli, 1.526 Kg, sepatu boot 91 koli, 1.850 Kg, selimut 88 koli, 2.065 Kg dengan total 5.441 Kg.

Baca Juga: Edwin Senjaya Soroti Pembongkaran 2 Bangunan Cagar Budaya di Kota Bandung

Sedangkan bantuan kemanusiaan dari Basarnas berupa perlengkapan rescue 2.787 Kg dan perlengkapan pribadi (makanan, minuman & tenda) 3.221 Kg dengan total 6.008 Kg.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x