Penjelasan BMKG tentang Awan Berbentuk Seperti UFO di Jayapura, Benarkah Terkait Gempa?

- 11 Februari 2023, 17:20 WIB
Foto penampakan fenomena awan UFO atau awan Lenticularis di Kota dan Kabupaten Jayapura, Papua yang selalu dikaitkan dengan peristiwa gempa dahsyat, namun dibantah oleh BMKG.
Foto penampakan fenomena awan UFO atau awan Lenticularis di Kota dan Kabupaten Jayapura, Papua yang selalu dikaitkan dengan peristiwa gempa dahsyat, namun dibantah oleh BMKG. /Antara/Dоkumеn Prіbаdі

PRFMNEWS - Belum lama ini terjadi fenomena langit Jayapura yang memperlihatkan awan berbentuk seperti UFO.

Sejumlah warga yang dihebohkan dengan kemunculan awan berbentuk seperti UFO di Jayapura ini langsung mengaitkan fenomena ini dengan rangkaian peristiwa gempa bumi di Indonesia beberapa hari belakangan ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) angkat bicara tentang awan berbentuk seperti UFO di langit Jayapura tersebut. Benarkah berkaitan dengan peristiwa gempa bumi?

Baca Juga: Penyebab Angin Kencang di Bandung karena Fenomena Atmosfer Ini, Kata BMKG

Kepala BMKG Wilayah V Jayapura, Yustus Rumakiek menjelaskan, awan tersebut merupakan awan bernama Lenticularis.

Awan yang berbentuk piring tersebut diakibatkan adanya angin yang berhembus sejajar dengan permukaan permukaan bumi namun mendapat hambatan dari objek tertentu seperti pegunungan sehingga membuat arus udara bergerak naik secara vertikal.

Apabila udara naik dan mengandung banyak uap air juga bersifat stabil, maka akan mencapai titik suhu yang berembun di puncak gunung.

Baca Juga: Promo Garuda Indonesia, Tiket Murah Pesawat Rute Domestik-Internasional PP Periode Perjalanan hingga 2024

"Uap air tersebut akan mulai terkondensasi menjadi awan yang mengikuti kontur puncak gunung," ujar Yustus seperti dilansir prfmnews dari ANTARA, Sabtu 11 Februari 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x