Langkah Rishi Sunak Makin Mantap jadi PM Inggris setelah Boris Johnson Mundur dari Ajang Pemilihan Tersebut

- 24 Oktober 2022, 07:44 WIB
Rishi Sunak Bocah Imigran yang Kini Menjadi Calon Terkuat PM Inggris.
Rishi Sunak Bocah Imigran yang Kini Menjadi Calon Terkuat PM Inggris. /Reuters//Henry Nicholls/

PRFMNEWS - Rishi Sunak mengkonfirmasi bahwa ia akan ikut bergabung dalam pemilihan sebagai Perdana Menteri Inggris sebagai pengganti Liz Truss yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

Dan sepertinya langkah ia untuk menjadi Perdana Menteri (PM) di Inggris akan terwujud karena diberitakan bahwa Boris Johnson mengundurkan diri dari ajang pemilihan tersebut pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Johnson mempercepat liburannya di Karibia untuk ikut pemilihan sebagai PM Inggris, dan ia mencoba untuk mendapatkan 100 suara dari anggota parlemen pada, Senin 24 Oktober 2022 ini untuk menggantikan Liz Truss, wanita yang menggantikannya pada bulan September setelah dia mundur karena berbagai alasan.

Baca Juga: Ternyata ini Alasan Liz Truss Mengundurkan Diri Sebagai Perdana Menteri Inggris

Johnson juga diketahui melakukan pembicaraan dengan Sunak dan Penny Mordaunt pada Sabtu malam, 22 Oktober 2022 untuk mendapatkan dukungan dari 102 anggota parlemen dan bisa saja "kembali ke Downing Street", tetapi dia gagal membujuk Sunak,dan pesaing lainnya Penny Mordaunt, untuk bersatu "untuk kepentingan nasional".

"Saya yakin saya memiliki banyak hal untuk ditawarkan tetapi saya khawatir ini bukan waktu yang tepat," kata Johnson pada Minggu malam.

Mantan PM Inggris tersebut telah mendapatkan dukungan publik dari hanya di bawah 60 anggota parlemen Konservatif pada hari Minggu, jauh di bawah setengah dari hampir 150 dukungan yang diterima Sunak.

Satu-satunya pemimpin lain yang secara resmi menyatakan pencalonannya adalah Penny Mordaunt, pemimpin House of Commons dan mantan menteri pertahanan. Ini akan menjadi kontes keduanya untuk kepemimpinan partai setelah dia kalah dari Truss.

Baca Juga: Hasil Denmark Open 2022, China Juara Umum, Indonesia Dapat 1 Gelar Juara

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah