5 Orang Tewas Akibat Gempa Bermagnitudo 6,1 di Iran Selatan

- 2 Juli 2022, 19:30 WIB
Ilustrasi gempa di Iran Selatan
Ilustrasi gempa di Iran Selatan /PRFM

PRFMNEWS - Sedikitnya lima orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka setelah setidaknya tiga gempa bumi berkekuatan lebih dari enam melanda provinsi Hormozgan di Iran selatan.

Dua dari guncangan tersebut tercatat berkekuatan 6,3, tetapi yang menimbulkan semua korban diperkirakan adalah gempa berkekuatan 6,1 awal pada kedalaman sekitar 10 km (6,2 mil) di bawah permukaan yang melanda pada dini hari Sabtu, 2 Juli 2022.

“Semua korban tewas dalam gempa pertama dan tidak ada yang terluka dalam dua gempa hebat berikutnya karena orang-orang sudah berada di luar rumah mereka,” kata pejabat lokal Foad Moradzadeh seperti dikutip dikutip prfmnews.id dari Al Jazeera.

Baca Juga: Baru Digelar Tahun Depan, Westlife Umumkan Jadwal Konser Tambahan di Indonesia pada Akhir Tahun 2022 Ini

Menurut pejabat setempat, sedikitnya 30 gempa susulan terasa di desa-desa dan kota-kota dekat Bandar Abbas, selain itu ia mengatakan bahwa gempa juga sempat dirasakan sampai negara tetangga Uni Emirat Arab.

Gempa mengirim ribuan orang ke jalan-jalan, di mana mereka menghabiskan sisa malam itu. Banyak orang masih tinggal di tenda-tenda yang telah didirikan oleh otoritas setempat dan layanan darurat.

Yaqoub Soleimani, sekretaris jenderal layanan bantuan darurat Bulan Sabit Merah setempat, mengatakan kepada media pemerintah Iran bahwa operasi pencarian dan penyelamatan telah selesai dan diperkirakan tidak ada lagi korban.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia Berziarah ke Pemakaman Al Ma'la, Tempat Dikebumikan Kerabat Rasulullah

Dia mengatakan bahwa Pemerintah Iran menyiapkan sistem pendingin bagi mereka yang terkena dampak gempa merupakan tantangan karena suhu lokal mencapai setinggi 45 derajat Celcius.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x