Visa Haji Jemaah Tuntas 10 Hari Sebelum Keberangkatan

- 19 Juni 2022, 20:10 WIB
Pengurusan visa jemaah haji Indonesia.
Pengurusan visa jemaah haji Indonesia. /M. Arief Gunawan / Pikiran Rakyat

PRFMNEWS - Seluruh visa haji jemaah Indonesia akan tuntas dalam empat hari ke depan. Jemaah tak perlu khawatir karena visa sudah keluar 10 hari sebelum keberangkatan.

"Saat ini ada sekitar 32 kloter lagi yang visa hajinya sedang diurus. Yang jelas semua jemaah yang sudah terdaftar dipastikan selesai sebelum keberangkatan," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Subhan Cholid, di Daker Madinah, Minggu 19 Juni 2022.

Dia menjelaskan, dalam pengurusan visa permasalahannya bukan hanya dari pihak Arab Saudi-nya saja. Ada juga karena ada persoalan di jemaah terkait dengan penggabungan beberapa kloter. Untuk itu para petugas harus menginventarisir terlebih dahulu sebelum bisa didaftarkan untuk mendapatkan visa.

"Untuk pengurusan sendiri sebenarnya lebih gampang saat ini. Dengan sistem robotik bisa lebih cepat karena penginputan datanya bisa dilakukan selama 24 jam," tuturnya.

Baca Juga: Malam Puncak Pemilihan Duta Kampus ITB Tahun 2022, Ini Nama-nama Mahasiswa yang Terpilih jadi Duta Kampus ITB

Meskipun begitu, dia mengakui dengan sistem robotik pun masih ada kekurangan. Tidak semua data yang dimasukkan tepat misalkan ada pas foto yang tertukar atau pun soal nama. Namun semuanya sudah bisa langsung teratasi.

Subhan mengakui, dengan tidak adanya haji selama dua tahun ada beberapa perubahan yang terjadi. Pihak Arab Saudi terus membenahi sistem yang ada.

"Salah satu perubahan misalnya mengenai input data dari para jamaah yang harus lebih detail dibandingkan sebelumnya. Tentu penginputan datanya memerlukan tambahan waktu," ujarnya.

Sejauh ini pihaknya telah melakukan beberapa evaluasi terkait pemberangkatan dan pelayanan jamaah haji gelombang pertama. Subhan mengakui bahwa ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan bisa menjadi masukan bagi jemaah berikutnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x