Ilmuwan Ini Bilang Natuna Bukan Punya Indonesia, Tapi Punya Malaysia

- 5 November 2021, 16:04 WIB
Kapal Perang Indonesia KRI Diponegoro sedang berpatroli di Natuna
Kapal Perang Indonesia KRI Diponegoro sedang berpatroli di Natuna /koarmada2.tnial.mil.id

PRFMNEWS - Wilayah perairan Natuna masih jadi sengketa di antara banyak negara selain Indonesia, diantaranya China dan Malaysia.

Pemerintah Indonesia beberapa kali saling singgung dengan China terkait kepemilikan Laut Natuna. Baru-baru ini, seorang ilmuwan asal Malaysia mengeluarkan klaim sejarah bawah Laut Natuna adalah milik Malaysia.

Seperti dikutip prfmnews.id dari media Malaysia, mStar, Dosen Universiti Sains Islam Malaysia dan Associate Fellow di Institute of Oceanography and Environment, Universiti Malaysia Terengganu, Mohd Hazmi Mohd Rusli menyebut Sejarah Kepulauan di Laut Natuna tidak terlepas dari pengaruh negara-negara bagian di Malaysia sejak zaman dulu.

Media Malaysia, mStar, mengabarkan klaim Rusli sejak awal Desember 2013 silam.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Obati Asam Urat Menurut dr. Zaidul Akbar, Berikut Resepnya

Jika dilihat pada peta Asia Tenggara, kata Rusli, terlihat jbahwa Kepulauan Natuna secara alami berada sejajar dengan letak negara bagian Terengganu, jika ditarik garis lurus dari pantai negara bagian ke arah timur.

"Sedangkan perbatasan Indonesia jelas melengkung ke atas dan tidak dalam satu garis lurus," kata dia.

Rusli menuturkan, akan terasa sangat masuk akal jika kepulauan di Laut Natuna tidak miliki hubungan dengan Pemerintah Indonesia.

"Berdasarkan sumber sejarah, masuk akal untuk mengatakan bahwa Kepulauan Natuna tidak ada hubungannya dengan Indonesia," ucapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x