CEK FAKTA: Benarkah Program Beasiswa LPDP Akan Dihentikan Pemerintah?

- 18 Januari 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi Beasiswa LPDP. Benarkah LPDP dihapus?
Ilustrasi Beasiswa LPDP. Benarkah LPDP dihapus? /Unsplash/Charles DeLoye/

PRFMNEWS – Muncul rumor program beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akan dihentikan pemerintah yang baru-baru ini mencuat dan menjadi perbincangan sejumlah pengguna media sosial (medsos) X (dulu Twitter).

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi program Magister dan Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri. Mereka yang dinyatakan lolos beasiswa LPDP akan mendapatkan dukungan finansial penuh dari pemerintah selama masa studi.

Terkait kabar pemerintah akan menghentikan program beasiswa LPDP di medsos ini beredar dua hari setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri acara Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan Forum Rektor Indonesia di Surabaya, 15 Januari 2024.

Dalam forum itu, Presiden Jokowi menyoroti minimnya anggaran riset dan rendahnya rasio penduduk berpendidikan tinggi di Indonesia. Namun seorang pemilik akun X salah mengartikan dengan mengunggah pernyataan seolah pemerintah akan menyetop program beasiswa LPDP.

Baca Juga: Pemkab Garut Ungkap Peredaran 1,6 Juta Batang Rokok Ilegal, Kerugian Negara Ditaksir Rp1,7 M

Berikut keterangan pengguna X:
"Lah, padahal Presiden bilang ingin penerima LPDP itu meningkat 5x lipat, terus 5x lipat darimana kalo dihentikan? Harusnya koreksi itu program IISMA yang ujungnya apakah beneran berkontribusi atau tidak, LPDP yg kontribusi nya bisa dihitung malah distop,".

Lantas, apa benar pemerintah akan hentikan beasiswa LPDP?

Merujuk penjelasan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menegaskan bahwa yang direncanakan dihentikan bukan programnya, melainkan alokasi anggaran beasiswa LPDP yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Baca Juga: Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka, ini Link Daftar, Jadwal Tahapan Seleksi, dan Syarat yang Harus Disiapkan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x