Perpustakaan Bandung Masih Butuhkan Puluhan Ribu Buku Guna Penuhi Standar Nasional

- 21 Oktober 2020, 16:38 WIB
Kepala Disarpus Kabupaten Bandung, Tri Heru Setiati (kiri) menerima kunjungan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf di Perpustakaan Kabuapten Bandung, Rabu 21 Oktober 2020
Kepala Disarpus Kabupaten Bandung, Tri Heru Setiati (kiri) menerima kunjungan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf di Perpustakaan Kabuapten Bandung, Rabu 21 Oktober 2020 //BUDI SATRIA - PRFM

PRFMNEWS - Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bandung mengaku pihaknya saat ini membutuhkan sejumlah buku guna memenuhi standar nasional ketersediaan buku di perpustakaan. Diketahui, standarnya perpustakaan daerah harus memiliki setidaknya 50 ribu judul buku.

Kepala Disarpus Kabupaten Bandung, Tri Heru Setiati mengungkapkan saat ini buku yang ada baru sekira 25 ribu eksemplar. Dari jumlah tersebut pihaknya memiliki 10 ribu judul buku dan 1.000 buku digital atau e-book.

“Koleksi kami ada sekitar 25 ribu eksemplar, kurang lebih ada sekitar 10 ribu judul buku. Di samping itu ada ebook kurang lebih sebanyak 1.000,” jelas Tri saat saat menerima kunjungan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf di Perpustakaan Kabupaten Bandung, Rabu 21 Oktober 2020.

Baca Juga: Tingkat Literasi di Indonesia Rendah, DPR RI Sebut Orang Indonesia Lebih Suka Nonton Daripada Baca

Karenanya ia mengaku masih membutuhkan ribuan buku untuk memenuhi standar tersebut.

“Kalau standar nasional itu, perpustakaan daerah harus ada 50 ribu judul buku. Sehingga kami masih tetap membutuhkan buku-buku atau ebook untuk memenuhi kebutuhan,” kata dia.

Di samping itu, pihaknya mengaku telah melakukan sejumlah kegiatan guna meningkatkan minat membaca warga Kabupaten Bandung. Salah satu di antaranya dengan kegiatan Sabilulungan Wisata Literasi (Satali).

Baca Juga: Upaya Bangkitkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Indonesia Gelontorkan Dana Hibah Rp3,3 Triliun

“Kami lakukan kegiatan Satali atau Sabilulungan Wisata Literasi, kami mengajak anak-anak sekolah untuk berkunjung ke perpustakaan dengan berbagai kegiatan di perpustakaan. Ada literasi lingkungan ada literasi science ada literasi membaca, ada menggambar dan lain sebagainya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x