Siap-siap Wargi, Besok Ada Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Bandung, Catat Waktunya!

- 2 Maret 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi Hari Tanpa Bayangan
Ilustrasi Hari Tanpa Bayangan /Pixabay/Sasint

PRFMNEWS - Hari Tanpa Bayangan, atau yang dikenal sebagai kulminasi, merupakan sebuah peristiwa langka yang akan dialami oleh Indonesia. Dalam fenomena ini, Matahari akan berada pada posisi tertinggi di langit.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa hal ini terjadi ketika bidang ekuator Bumi tidak secara tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi Bumi.

Penyebab hari tanpa bayangan

Posisi Matahari yang terus berubah sepanjang tahun, antara 23,5 LU (Lintang Utara) sampai dengan 23,5 LS (Lintang Selatan), menjadi penyebab terjadinya Hari Tanpa Bayangan. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang" karena sejajar dengan benda tersebut.

Hari tanpa bayangan di Indonesia dimulai pada 21 Februari 2024, bagi kamu yang tinggal di Bandung, cukup beruntung untuk bisa menyaksikan peristiwa kulminasi ini pada Minggu, 3 Maret 2024.

Peristiwa hari tanpa bayangan ini bisa disaksikan dan dirasakan secara bergiliran di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebelumnya, fenomena kulminasi atau hari tanpa bayangan ini juga sudah dirasakan dan disaksikan bagi mereka yang tinggal di Mataram dan Denpasar pada 27 Februari 2024 serta di Kupang pada 23 Februari 2024. Lalu, Yogyakarta pada Kamis, 29 Februari 2024, dan Surabaya pada Jumat, 1 Maret 2024.

Buat warga yang tinggal di Bandung bisa menyaksikan fenomena hari tanpa bayangan pada Minggu, 3 Maret 2024 pukul 12.01 WIB.

Kulminasi atau transit atau istiwa adalah fenomena saat Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah