Gedebage Makin Macet Akibat Banyak Destinasi Favorit, Pemkot Bandung Siapkan 5 Solusi Perlancar Lalin

- 30 Januari 2024, 13:30 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat pimpin rapat koordinasi atasi macet di Gedebage Senin, 29 Januari 2024.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat pimpin rapat koordinasi atasi macet di Gedebage Senin, 29 Januari 2024. /Diskominfo Kota Bandung/

GEDEBAGE, PRFMNEWS – Kemacetan lalu lintas (lalin) makin parah dikeluhkan warga Gedebage, Kota Bandung, mengingat semakin banyak destinasi favorit untuk dikunjungi masyarakat di sekitar area tersebut, antara lain Masjid Raya Al Jabbar, mall baru, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar.

"Terjadi peningkatan volume kendaraan yang akhirnya terjadi kemacetan yang masif di persimpangan Soekarno Hatta, Gedebage Selatan, dan Jalan Rumah Sakit. Ini berdampak mobilitas terhambat saat weekend," ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna Senin, 29 Januari 2024.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, lanjut Ema, gerak cepat menyiapkan lima solusi upaya guna mengurai kemacetan arus kendaraan di kawasan Gedebage.

Baca Juga: Kerap Ada Kemacetan di Simpang Gedebage Terutama Saat Weekend, Pemkot Bandung Lakukan Hal ini

Solusi pertama menekan kemacetan di kawasan Gedebage, kata Ema, adalah mendorong kembali dibukanya Exit Tol KM 149 Ruas Jalan Tol Padaleunyi. Menurutnya, Gerbang Tol KM 149 ini berperan penting bagi kendaraan yang mengarah ke Masjid Raya Al Jabbar hingga Stadion GBLA.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PR FM 107.5 News Channel (@prfmnews)

“Tidak bisa mengandalkan Gedebage Selatan, Cimincrang, atau Ciwastra karena sangat padat. Pintu Tol KM 149 kembali kita didorong untuk dibuka, jadi tidak mengganggu lalu lintas dalam kota. Itu menjadi krusial poin," tutur dia.

Solusi kedua, Ema telah meminta jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung dibantu aparat kewilayahan untuk menempatkan petugas di lapangan untuk siap siaga mengurai kemacetan.

"Penempatan petugas dioptimalkan, nanti kewilayahan bantu petugas. Linmas koordinasi dengan Dishub dan Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x