Perbaikan Tanggul Jebol yang Sebabkan Banjir di Braga Ditargetkan Selesai Hari ini

- 12 Januari 2024, 14:30 WIB
 Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono disela-sela peninjauan Gang Apandi, Jumat, 12 Januari 2024.
Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono disela-sela peninjauan Gang Apandi, Jumat, 12 Januari 2024. /Diskominfo kota Bandung/

BRAGA, PRFMNEWS - Banjir yang terjadi Gang Apandi, Braga, Kota Bandung disebutkan terjadi karena adanya tanggul yang jebol hingga membuat air dari Sungai Cikapundung meluap ke pemukiman padat penduduk tersebut.

Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung langsung memperbaiki tanggul yang jebol tersebut dan ditargetkan selesai hari ini juga guna mencegah hal sama terjadi.

"Sesuai arahan pak PJ Gubernur (Jawa Barat) hari ini diupayakan untuk selesai perbaikan tanggul," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono disela-sela peninjauan Gang Apandi, Jumat, 12 Januari 2024.

Tanggul yang jebol itu, kata Bambang, harus segera diperbaiki karena sangat berguna untuk menahan air dari aliran sungai Cikapundung masuk ke pemukiman lagi.

Baca Juga: Pj Gubernur Minta Perbaikan Tanggul yang Jebol Penyebab Banjir di Braga Segera Diperbaiki

"Jadi ada tanggul sekitar 10 - 12 meter. Ini kita pastikan hari ini selesai. Itu mungkin salah satu faktor penyebab melimpasnya air dari Sungai Cikanpundung ke perumahan warga," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi mengungkapkan, selain diperbaiki, tanggul juga akan ditinggikan. Material yang digunakan akan lebih baik dari sebelumnya, sehingga diharapkan akan kokoh sebagai tanggul.

"Bahannya lebih tebal lagi. Kita gunakan bahan yang bagus," ujarnya.

Saat ini, kata Didi, 5 UPT yang ada di seluruh Kota Bandung dikerahkan untuk memperbaiki tanggul tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x