Sederet Persiapan Pemkot Bandung Guna Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Masyarakat Selama Libur Nataru

- 19 Desember 2023, 18:30 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna.
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan persiapan sebagai bagian dari langkah antisipatif guna mewujudkan kenyamanan dan keamanan masyarakat termasuk wisatawan yang mengunjungi Kota Kembang pada masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Upaya antisipasi yang dilakukan pemkot agar Kota Bandung kondusif selama masa libur Nataru 2023/2024 ini terkait solusi urai kemacetan lalu lintas, keselamatan perjalanan mudik-balik, hingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan wisatawan yang berlibur di Kota Kembang.

Berbagai langkah persiapan ini penting digencarkan, kata Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, mengingat momen Nataru tahun ini lebih Istimewa karena berbarengan dengan momentum tahapan Pemilu 2024, sekaligus peningkatan jumlah wisatawan.

Baca Juga: Ada Rencana Demo Buruh Pada Rabu dan Kamis Besok di 2 Lokasi di Bandung

Untuk menjaga keamanan, ujar Ema Sumarna, Pemkot Bandung akan bekerja sama dengan jajaran Forkopimda serta aparat Linmas Kewilayahan untuk mengadakan patroli gabungan rutin.

"Saya mintakan ada patroli gabungan dengan Polri dan TNI mulai hari Rabu (20 Desember 2023) sampai menjelang Tahun Baru, lakukan patroli yang maksimal. Nanti di lapangan Linmas semua ditempatkan di jalan utama untuk memastikan keamanan masyarakat agar tidak ada hal negative. Saya yakin dengan patroli semua akan terkontrol," ujar Ema, Selasa 19 Desember 2023.

Saat ini, imbuh dia, terdapat lebih dari 9.000 anggota Linmas yang akan disiagakan pada masa liburan Nataru, ditambah dengan personel Satpol PP serta undur Kepolisian dan TNI.

Guna mengantisipasi kemacetan karena masa liburan Nataru berpotensi meningkatkan mobilitas masyarakat, Ema mengungkap, telah menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk membuat posko penjagaan di titik-titik rawan kepadatan lalu lintas.

Baca Juga: KAI Buka Suara soal Aturan Naik Kereta yang Berlaku di Nataru Seiring Kenaikan Kasus Covid-19

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x