Alasan Mahfud MD Dijuluki ‘Uwa’ oleh Seniman-Generasi Muda Saat Datang ke Bandung

- 11 Desember 2023, 08:00 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. /Antara/Muhammad Adimaja

PRFMNEWS – Mahfud MD selaku calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 pendamping calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mendapat julukan “Uwa” yang disematkan oleh para budayawan, seniman, dan generasi muda Bandung. Uwa adalah salah satu sapaan akrab dalam budaya Sunda.

Alasan Mahfud MD mendapat julukan Uwa saat bertemu sapa dengan masyarakat di Bandung Interactive Hub, Kota Bandung, Sabtu 9 Desember 2023 dijelaskan oleh Seniman Sunda Budi Dalton.

Alih-alih menyematkan julukan "Mang" atau "Kang", Budi Dalton menilai sebutan Uwa untuk Mahfud MD menjadi yang paling pas digunakan seperti layaknya menyapa kakak dari orang tua.

Baca Juga: Cara dan Syarat Beli Tiket Promo 12.12 KAI, Tarif Naik Kereta Eksekutif, Bisnis, Ekonomi Makin Murah

Menurut Budi Dalton, sapaan "Mang" yang juga sebenarnya ditujukan kepada orang laki-laki yang lebih tua itu kerap dikonotasikan dengan pedagang, sementara "Kang" dinilai terlalu normatif.

"Kita melihat posisi bapak yang memang kalau dalam buku Sunda, bapak itu ramah. Jadi romo sudah ada di taraf selesai dalam hidup. Maka, uwa adalah sebutan yang paling sangat berharga, uwa kami," jelas Budi.

Tak hanya menyematkan panggilan tanda keakraban, pada kesempatan tersebut, Budi juga menyerahkan penutup kepala dan baju khas Sunda kepada Mahfud.

Mahfud pun menyambut baik julukan yang disematkan kepadanya itu. Dia pun meminta agar para pendukungnya dari Sunda memanggilnya dengan sebutan Uwa Mahfud apabila berjumpa.

Baca Juga: KAI Daop 2 Bandung Minta Maaf, Perjalanan Kereta Api Commuter Line Terhambat Akibat Pohon Bambu Tumbang

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x