3 Layanan Publik di Kota Bandung Dievaluasi Kemenpan RB

- 11 September 2020, 11:03 WIB
RSUD Kota Bandung.
RSUD Kota Bandung. /Tita Salsabila/PR

PRFMNEWS - Tiga layanan di kota Bandung yakni layanan di RSUD Kota Bandung, layanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dan layanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dievaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Evaluasi tersebut dilakukan langsung oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Jeffrey Erlan Muller, pada Kamis, 10 September 2020 kemarin.

“Tiga dinas ini yang termasuk pelayanan dasar, dan ini paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Rumah sakit untuk kesehatan masyarakat, itu terus dijaga. DPMPTSP ialah pintu masuk perizinan dari investasi dan ini menjadi penting,” beber Jeffrey di Balai Kota Bandung.

Baca Juga: Cair September Ini, Begini Loh Cara Cek Bansos Rp500 Ribu

"Disdukcapil, ini layanan dasar yang mengurus kita dari lahir sampai mati. Urusan administrasi ini, urusan utama dan pokok," imbuhnya.

Selama ini, ketiga instansi tersebut telah memiliki predikat yang amat baik dilihat dari segi pelayanan kepada publik. DPMPTSP misalnya, selalu memperoleh penghargaan sebagai pelayanan publik terbaik tiga tahun berturut-turut. Demikian pula Disdukcapil yang selalu bertengger dengan predikat 'Sangat Baik'.

“Kami memberikan penilaian khusus (kepada Disdukcapil) pada tahun 2019 menjadi kategori 'Sangat baik'. Di atasnya lagi ada 'Pelayanan Prima' atau 'Service Excellent'. Sedikit lagi itu,” ungkap Jeffrey.

Baca Juga: Begini Spesifikasi Realme 7 yang akan Dilaunching di Indonesia Pada 17 September Mendatang

Ia membuka pintu lebar-lebar untuk Pemkot Bandung berkonsultasi tentang evaluasi-evaluasi yang bisa dilakukan oleh dinas terkait guna menyempurnakan layananannya. Ia pun berharap ketiga instansi ini bisa menjadi percontohan bagi perangkat daerah lainnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x