Penggunaan Gibrik Mini Terbukti Ringankan Kerja Para Petugas Sampah di TPS Kota Bandung

- 3 Oktober 2023, 17:20 WIB
Penggunaan mesin gibrik mini di salah satu TPS di Kota Bandung.
Penggunaan mesin gibrik mini di salah satu TPS di Kota Bandung. /Diskominfo kota Bandung/


PRFMNEWS – Penggunaan mesin Gibrik Mini yang dibeli Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah telah terbukti meringankan beban kerja para petugas sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Pemasangan Gibrik Mini ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Bandung untuk penanganan darurat sampah yang terjadi akibat kebakaran di TPA Sarimukti beberapa waktu lalu.

Penggunaan Gibrik Mini ini salah satunya dilakukan di TPS 3R Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Kehadiran Gibrik Mini di TPS ini disebut dapat menjadi solusi penanganan masalah sampah.

Baca Juga: Pemkot Bandung Beli Gibrik Mini dan Loader untuk Penanganan Darurat Sampah

Gibrik Mini merupakan salah satu alat pemilah sampah yang dapat memisahkan langsung antara sampah organik dan anorganik. Kinerja alat ini akan membantu para petugas sampah di TPS agar tidak memilah secara manual.

“Dalam kondisi TPA yang belum normal, memang kita melihat peran mesin gibrik (Gibrik Mini) ini membantu pemilahan sampah. Sehingga dari sampah yang sudah dipilah, kita bisa lebih cepat memprosesnya,” kata Koordinator Wilayah Bojonagara Joko Endang Slamet, Senin 2 Oktober 2023.

“Jadi sampah organik langsung diolah, sampah anorganiknya dipilah kembali. Sehingga yang dibuang ke TPA adalah sampah residu yang tidak memiliki manfaat,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Cara Pemerintah Kabupaten Banyumas Menuntaskan Permasalahan Sampah

Kurangi sampah ke TPA

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah