Bahas Solusi Atasi Banjir di Bandung, Pj Wali Kota: Butuh Dukungan Lintas Wilayah

- 26 September 2023, 14:30 WIB
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono bersama Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan menaiki Bandros seusai upacara HJKB 2023.
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono bersama Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan menaiki Bandros seusai upacara HJKB 2023. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono menyampaikan penanganan masalah banjir di Kota Bandung butuh kolaborasi lintas wilayah karena tidak mungkin bisa dikerjakan sendiri oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Menurut Bambang Tirtoyuliono, solusi berupa cara untuk menangani persoalan banjir di Kota Bandung sebenarnya sudah terpetakan. Namun guna memaksimalkan upaya-upaya ini, pemerintah kota (Pemkot) butuh dukungan dari lintas wilayah.

“Bicara soal banjir, tentunya saya merasa yakin ada sebuah solusi paling tidak ada simpul-simpul terjadinya banjir sudah teridentifikasi, tinggal bagaimana berkolaborasi dengan lintas wilayah,” kata Bambang, Senin 25 September 2023.

Baca Juga: Di HUT Kota Bandung, Pj Wali Kota Bandung Ungkap Kondisi Kota Bandung Saat ini

Bambang menyebutkan sejumlah upaya yang sudah dilakukan oleh Pemkot Bandung untuk menangani permasalahan banjir yang masih terjadi terutama ketika curah hujan tinggi yakni dengan mitigasi drainase makro dan kawasan resapan sebagai pengendali air limpasan.

Pemkot Bandung hingga tahun 2022 sudah membangun sembilan kolam retensi dan membuat lebih dari 5.000 sumur resapan, serta lebih dari 3.000 drumpori guna menekan risiko perluasan area terdampak banjir.

"Angka ini diperkirakan terus bertambah seiring dengan tren meningkatnya partisipasi masyarakat di tingkat keluarga," ujar dia.

Baca Juga: Tak Hanya Tangani Sampah, Ketua DPRD Minta Pj Wali Kota Bandung Mulai Fokus Antisipasi Banjir

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x