Alasan Utama Pembangunan Terowongan Bawah Laut di IKN yang Akan Digarap PUPR Usai 2024

- 9 September 2023, 20:00 WIB
Dokumentasi - Gagasan disain Nagara Rimba Nusa ditetapkan sebagai pemenang terbaik pertama Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibukota baru Negara atau IKN oleh Kementerian PUPR. ANTARA/Aji Cakti/pri.
Dokumentasi - Gagasan disain Nagara Rimba Nusa ditetapkan sebagai pemenang terbaik pertama Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibukota baru Negara atau IKN oleh Kementerian PUPR. ANTARA/Aji Cakti/pri. /

PRFMNEWS – Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga mengungkapkan pembangunan tol terowongan bawah laut (immersed tunnel) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dimulai setelah tahun 2024.

"Pembangunan tol terowongan bawah laut dilakukan setelah tahun 2024," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Sabtu 9 September 2023.

Ada alasan khusus kenapa Kementerian PUPR pilih membangun terowongan bawah laut yang menjadi bagian dari Seksi 4 Jalan Tol Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara, ketimbang jembatan.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Kedai Pempek di Bandung yang Enak Banget, Lemak Nian!

Pembangunan immersed tunnel yang akan berfungsi untuk menyeberangi Teluk Balikpapan di ujung jalan tol ini sesuai konsep forest city yang diusung IKN Nusantara sehingga lingkungan sekitar tetap terjaga.

Pembangunan terowongan bawah laut ini akan lebih melindungi fauna endemik antara lain bekantan serta flora endemik yang ada di sekitar Teluk Balikpapan.

Untuk itu Kementerian PUPR tidak akan membangun jembatan yang secara fisik mengubah morfologi lingkungan, melainkan mencoba untuk membangun immersed tunnel.

Teknologi immersed tunnel merupakan metode yang umumnya digunakan untuk menggantikan jembatan yang melalui wilayah perairan yang lebar.

Baca Juga: 38 Desa Wisata di Kabupaten Bandung Suguhkan Keindahan Alam dan Ekonomi Kreatif

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x