Kelurahan Tamansari Kota Bandung Konsisten Olah Sampah Mandiri, Buat Pupuk Kompos Hingga Magot

- 7 September 2023, 17:00 WIB
Warga di Kelurahan Tamansari, Kota Bandung konsisten melakukan pengolahan sampah secara mandiri
Warga di Kelurahan Tamansari, Kota Bandung konsisten melakukan pengolahan sampah secara mandiri /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Warga di RW 15 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung sudah mulai konsisten melakukan pengolahan sampah organik.

Terbaru, Warga di RW 15 Kelurahan Tamansari, Kota Bandung memproduksi pupuk dari olahan sampah.

Lurah Tamansari Dadang Sobandi menjelaskan, pada tahun ini Kelurahan Tamansari memiliki media pengolahan berupa komposter sebanyak 114 kilogram dengan volume masing-masing 200 liter.

Baca Juga: Provinsi Jawa Barat Berhasil Resmikan 35 SMK Negeri Sebagai BLUD, Terbanyak Se-Indonesia

Mereka juga memiliki biodigester dan juga mendapatkan tambahan media pengolahan (sampah) berupa bata terawang dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung.

Dadang juga menyebut peran aktif LPM, RT-RW, PKK dan Karang Taruna sangat besar pada proses pengolahan sampah di wilayah ini.

"Insyaallah kami bersama kelembagaan masyarakat bersama-sama mengajak kepada seluruh warga masyarakat Tamansari untuk kiranya dapat memilah sampah organik," ucapnya.

Baca Juga: TPS Sementara Gedebage Hanya Mampu Tampung 10 Ribu Ton Sampah

"Jadi nanti masyarakat cukup dengan memilah sampah saja yang nanti di masing-masing RW ditempatkan di pinggir jalan supaya mudah terakses oleh mobil yang nanti akan mengangkut sampah sehingga proses pengolahan itu akan menjadi tanggung jawab kelurahan. Untuk saat ini masyarakat membantu pilah saja dulu sampahnya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x