Pembangunan Skybridge di 3 Stasiun dan 2 Flyover Pendukung Kereta Cepat di Bandung Raya Dikebut

- 3 September 2023, 21:00 WIB
Pembangunan Capai 43 Persen, Fly Over Ciroyom Ditargetkan Beroperasi Akhir 2023
Pembangunan Capai 43 Persen, Fly Over Ciroyom Ditargetkan Beroperasi Akhir 2023 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan fasilitas skybridge (jembatan pejalan kaki) di tiga stasiun dan dua flyover (jalan layang) pendukung operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di kawasan Bandung Raya terus dikebut.

Percepatan pembangunan tiga skybridge dan dua flyover di kawasan Bandung Raya ini, ujar Menhub, dilakukan karena Kereta Cepat Jakarta Bandung ditargetkan mulai beroperasi usai dilakukan soft launching pada 1 Oktober 2023.

Menhub merincikan, tiga skybridge untuk mendukung operasional Kereta Api (KA) Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung dibangun di Stasiun KAI Padalarang (Kabupaten Bandung Barat), Stasiun KAI Cimahi (Kota Cimahi), dan Stasiun KAI Bandung (Kota Bandung).

Baca Juga: Hadir di WJF, Ridwan Kamil Bagi-bagi Ragam Hadiah ke Pengunjung dari Motor hingga Kulkas

Sedangkan dua flyover yang dibangun pula untuk mendukung operasional KA Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah Flyover Ciroyom, Kota Bandung dan Flyover Pusdikpom (Pusat Pendidikan Polisi Militer), Kota Cimahi.

“Semuanya ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini,” kata Menteri Budi Karya Sumadi usai mengikuti uji coba perjalanan KCJB dan KA Feeder Kereta Cepat, Sabtu 2 September 2023.

Sebelumnya, Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna pada 22 Agustus 2023 mengungkapkan rencana pengoperasian Flyover dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Ciroyom untuk mendukung operasional KA Feeder KCJB.

Baca Juga: Panduan Pengelolaan Sampah Organik Secara Mandiri di Rumah Sendiri

Ema Sumarna menyatakan, pembangunan Flyover dan JPO Ciroyom untuk mendukung operasional KA Feeder KCJB masih terus berproses dan telah mencapai 43 persen pada 22 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x