Pemkot Bandung Buka Opsi Buat TPA Darurat di Pinggir Tol Dekat GBLA Jika Sarimukti Belum Dibuka

- 1 September 2023, 16:00 WIB
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna meninjau TPS Ciwastra dan kawasan exit tol Kilometer 151, Kamis 31 Agustus 2023.
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna meninjau TPS Ciwastra dan kawasan exit tol Kilometer 151, Kamis 31 Agustus 2023. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendorong lokasi sementara pembuangan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat agar segera beroperasi.

Sejalan dengan itu, berbagai upaya sedang dan akan dilakukan Pemkot Bandung untuk menangani darurat sampah akibat kebakaran TPA Sarimukti sehingga ditutup untuk proses pengangkutan sampah dari Bandung Raya.

Hadirkan TPA darurat menjadi salah satu upaya Pemkot Bandung guna menangani darurat sampah yang belakangan terjadi akibat seluruh TPS sudah overload hingga sampah dibiarkan menumpuk di pinggir jalan.

Baca Juga: Program Bebas Bea Balik Nama dan Diskon Pajak Kendaraan di Jabar Diperpanjang Sampai Desember

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, ada dua lokasi dipersiapkan oleh Pemkot Bandung untuk dibuat TPA darurat yang bersifat sementara guna membuang tumpukan sampah yang sudah overload di TPS.

Lokasi TPA darurat yang rencananya dihadirkan Pemkot Bandung jika operasional TPA Sarimukti masih belum maksimal yaitu di lahan milik Dishub Kota Bandung di Pasar Ciwastra, dan di Jalan Sejajar Tol kawasan Stadion GBLA atau bakal lahan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Meski begitu, Ema Sumarna berharap kedua lahan tersebut tidak sampai terpakai untuk dibuat TPA darurat. Ia berharap lokasi pembuangan sementara TPA Sarimukti sudah dapat beroperasi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Belum Sampaikan Langkah Politik Berikutnya Setelah Akhiri Jabatan Gubernur Jabar

"Ada 12.000 ton sampah yang perlu kita tangani. Kita siapkan lahan sementara di Pasar Ciwastra dan lahan PLTSA, itu sekitar 25 hektare," kata Ema, Kamis 31 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah