Pemkot Bandung Siapkan Strategi untuk Jaga Kesejahteraan Hewan di Kebun Binatang Bandung

- 25 Juli 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi suasana pengunjung di Kebun Binatang Bandung
Ilustrasi suasana pengunjung di Kebun Binatang Bandung /Diskominfo Kota Bandung.

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mematangkan persiapan pengambilan lahan Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo termasuk mempersiapkan strategi untuk memelihara satwa di sana jika Yayasan Taman Margasatwa (YTM) melepas pengelolaannya.

Nantinya, Pemkot Bandung akan bekerja sama dengan Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) dalam pemeliharaan hewan karena Pemkot Bandung tidak memiliki kemampuan untuk mengelola kebun binatang.

Demikian hal ini disampaikan Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna dalam rapat koordinasi pengamanan lahan aset Kebun Binatang dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta institusi terkait seperti Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI), Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Satuan Kerja Kementerian Lingkungan Hidup di Balai Kota Bandung, Senin 24 Juli 2023.

Baca Juga: Kebun Binatang Bandung Tetap Beroperasi Meski Lahan Disegel, Ema Sumarna: Sementara akan Gratis

"Nanti PKBSI yang akan merawat satwa. Itu ada ikatan formal selama 60 hari. Kita tidak ingin ada peristiwa seperti dulu gajah mati, jangan sampai di Kota Bandung kejadian," tegas Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna saat rapat koordinasi.

Ema juga memastikan Pemkot Bandung tidak memiliki konflik dengan yayasan. Bahkan yayasan turut bagian dari tergugat.

"Saya luruskan soal perkara hukum, Pemkot Bandung tidak berkonflik dengan yayasan. Bahkan yayasan itu bagian turut tertgugat. Pemkot Bandung digugat oleh saudara Steven, ia mengklaim punya lahan di sana. Hasil pembelian seseorang. Jelas gugatan itu ditolak," papar Ema.

Baca Juga: Kebun Binatang Bandung Gugat Pemkot Bandung ke PN Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x