Tahun 2026 Bandung Raya Punya Transportasi Massal Baru yang Ramah Lingkungan dengan 17 Koridor

- 5 Juli 2023, 19:40 WIB
Skema Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya tahun 2026
Skema Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya tahun 2026 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pembangunan proyek transportasi massal ramah lingkungan terbaru berbasis bus tengah disiapkan untuk mengaspal di jalanan wilayah Bandung Raya.

Transportasi massal baru yang diklaim ramah lingkungan dan akan semakin memudahkan mobilitas warga Bandung Raya ini adalah Bus Rapid Transit (BRT).

Pengerjaan proyek BRT Bandung Raya termasuk infrastruktur pendukung operasional akan mulai dilakukan pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Koordinasi dengan PPATK Terkait Kasus Dugaan Pencucian Uang Si Kembar Rihana-Rihani

"Tahun depan (2024) kita akan mulai menyiapkan infrastrukturnya seperti jalur khusus, selter, dan sarana pendukung lainnya," kata Kepala Bidang Perkeretaapian dan Pengembangan Transportasi Dishub Jabar Dhani Gumelar, Rabu 5 Juli 2023.

Dhani menjabarkan, BRT Bandung Raya akan menghubungkan lima daerah, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Pembangunan proyek BRT Bandung Raya, ucap Dhani, didanai Bank Dunia melalui pemerintah pusat yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan diharapkan mulai beroperasi tahun 2026 atau 2027.

Baca Juga: Akhir Agustus 2023, BRT Bakal Diujicoba Mengaspal di Jalanan Kota Bandung, Kemana Rute Jalurnya?

"Karena memerlukan infrastruktur khusus, jadi proses pembangunannya memang cukup lama. Kurang lebih tiga tahun," ungkap Dhani.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah