Tahun Depan, BRT Listrik Bakal Mulai Mengaspal di Jalanan Kota Bandung

- 15 Maret 2023, 22:00 WIB
Bus Listrik yang beroperasi di kota Bandung.
Bus Listrik yang beroperasi di kota Bandung. /prfmnews/

PRFMNEWS – Pemprov Jabar menargetkan pilot project Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya menggunakan armada bus listrik bisa mulai beroperasi di Kota Bandung mulai tahun 2024.

Pengoperasian pilot project BRT Bandung Raya menggunakan bus listrik di Kota Bandung ini berbarengan dengan proses pengerjaan infrastruktur khusus transportasi massal ramah lingkungan tersebut.

Nantinya, infrastruktur khusus BRT Bandung Raya ini secara menyeluruh akan dibangun pula di wilayah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: Pemkot Bandung akan Ubah Angkot Jadi BRT, Tahap Awal Ditargetkan Layani 6 Rute

“BRT Bandung Raya akan menghubungkan lima daerah, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang,” kata Kabid Perkeretaapian dan Pengembangan Transportasi Dishub Jabar Dhani Gumelar, Selasa 14 Maret 2023.

Diuraikan oleh Dhani, jenis infrastruktur yang akan dibangun untuk pengoperasian BRT Bandung Raya yang sejumlah armadanya akan memakai bus listrik ini antara lain, jalur khusus, shelter, dan sarana pendukung lain.

"Meski BRT Bandung Raya mulai dibangun tahun 2024, tetapi untuk pilot project, kita akan operasikan yang pertama beberapa koridor di Kota Bandung juga tahun 2024 dengan menggunakan bus listrik," terangnya.

Baca Juga: BRT Segera Terealisasi, Pemkot Bandung Optimalisasi Konversi Angkot jadi Mikrobus

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x