Pemkot Bandung akan Ubah Angkot Jadi BRT, Tahap Awal Ditargetkan Layani 6 Rute

- 25 Januari 2023, 18:45 WIB
ilustrasi Bus Rapid Transit (BRT).
ilustrasi Bus Rapid Transit (BRT). /prfmnews

PRFMNEWS – Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan transportasi umum jenis angkot akan dikonversi menjadi mikrobus atau dikenal dengan istilah BRT (Bus Rapid Transit).

Yana Mulyana menuturkan, BRT Kota Bandung hasil konversi angkot ini ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2024 mendatang.

Yana Mulyana mengungkap pula, BRT Kota Bandung ini rencananya akan dioperasikan untuk melayani penumpang di 6 rute koridor.

Baca Juga: Mahasiswi di Bandung Diduga Ditabrak Mobil Pejabat Polisi, Kapolri Turun Tangan

Sementara terkait alasan pemkot akan mengubah angkot menjadi BRT sebagai salah satu pilihan transportasi publik nyaman bagi warga diungkap Kepala Dishub Kota Bandung Dadang Darmawan.

Kepala Dishub menyampaikan, armada BRT dalam bentuk mikrobus ini diklaim akan lebih optimal dari segi jumlah penumpang yang diangkut pada satu perjalanannya.

"Hitungannya kalau mikrobus bisa untuk 20 penumpang. Sementara angkot sekarang itu 10 penumpang. Sehingga dari dua angkot itu, sekitar 20 penumpang bisa dikonversi oleh satu mikrobus," jelas Dadang, Rabu 25 Januari 2023.

Baca Juga: BRT Mengaspal di Kota Bandung Tahun Depan, Angkot Diganti Mikrobus

Ia menambahkan, rencana transformasi angkutan baru berupa BRT ini akan diwujudkan pada 2024 bekerja sama dengan koperasi-koperasi angkutan umum di Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x