Pemkot Bandung Tertarik dengan Gibrik Mini dan Pola KSM yang Diterapkan dalam Pengolahan Sampah di Banyumas

- 22 Juni 2023, 12:30 WIB
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna (tengah) melakukan studi banding ke Banyumas untuk melihat langsung proses pengolahan sampah di sana Kamis, 22 Juni 2023.
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna (tengah) melakukan studi banding ke Banyumas untuk melihat langsung proses pengolahan sampah di sana Kamis, 22 Juni 2023. /Tommy Riyadi/prfmnews

PRFMNEWS - Dalam pengolahan sampah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas menggunakan alat canggih pemilah sampah otomatis bernama ‘Gibrik Mini’.

Dengan adanya alat ini, Pemkab Banyumas bisa menekan jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hingga membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tertarik dengan teknologi tersebut.

Pemkot Bandung yang dipimpin Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna melakukan studi banding ke Banyumas untuk melihat langsung proses pengolahan sampah di sana termasuk cara kerja Gibrik Mini tersebut.

Baca Juga: Ema Sumarna Lirik Alat Canggih Pemilah Sampah Hasil Inovasi Pemkab Banyumas Seharga Rp75 Juta

Rombongan dari Pemkot Bandung ini diterima langsung Bupati Banyumas Achmad Husein di Pendopo Banyumas Kamis, 22 Juni 2023.

"Beliau memiliki empati, atas yang kami hadapi waktu itu istilahnya darurat sampah, beliau berkunjung ke Bandung dan berbagi success story," papar Ema.

Dengan pengelolaan sampah yang baik dan terintegrasi, Pemkab Banyumas sudah mendeklarasikan zero waste region atau Kabupaten yang bebas sampah hingga menginspirasi Kota Bandung terutama dalam hal pengelolaan sampah.

Baca Juga: Hebat! Pemkab Banyumas Tangani Sampah dengan Libatkan Masyarakat Hingga Munculkan Nilai Ekonomi

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah