Usai Diterapkan di Pemprov Jabar, Pemkot Bandung Kini Mulai Kaji Penerapan Work From Anywhere

- 20 Juni 2023, 13:00 WIB
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna (tengah) melakukan pembicaraan dengan beberapa pejabatg Pemkot Bandung seusai Apel Mulai Bekerja di Balai Kota Bandung, Selasa 20 Juni 2023. Ema mengatakan Pemkot mulai kaji penerapan work from anywhere.
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna (tengah) melakukan pembicaraan dengan beberapa pejabatg Pemkot Bandung seusai Apel Mulai Bekerja di Balai Kota Bandung, Selasa 20 Juni 2023. Ema mengatakan Pemkot mulai kaji penerapan work from anywhere. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mulai menerapkan Mekanisme Kerja Dinamis (MKD) yang membuat ASN bisa bekerja di mana saja atau work from anywhere.

Usai itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun mulai mengkaji penerapan sistem kerja tersebut. Hal ini diungkap oleh Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna.

Ema Sumarna telah mengintruksikan kepada Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk melakukan kajian, analisa, dan telaah tentang kebijakan WFA bagi ASN di Pemkot Bandung.

Baca Juga: Pemprov Jabar Mulai Terapkan Sistem Work From Anywhere

"Kita akan lihat provinsi sekarang menjadi laboratorium pelaksanaan program WFA. Kita harus cermati. Saya minta Asda 3 dan BKPSDM untuk mengkaji, analisa dan telaahan bagaimana apabila ASN diberikan kebijakan WFA," kata Ema saat memberikan sambutan pada Apel Mulai Bekerja di Balai Kota Bandung, Selasa 20 Juni 2023.

WFA ini, kata Ema, tidak akan diterapkan pada semua sektor. Menurutnya, WFA ini harus mencermati berbagai hal, mulai dari kualifikasi tipikal ASN, maupun penerapa disiplinnya.

"Pertama mengenai kriteria dan kualifikasi tipikal ASN. Jika yang melakukan layanan langsung kepada masyarakat itu tidak diperkenankan layanan WFA. Tapi jika kerjanya tidak beririsan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat, tinggal kita inventarisasi," katanya.

Baca Juga: Menpan RB Sebut ASN di 3 Kementerian ini Bakal Pindah Paling Awal ke IKN Nusantara

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah