Pentingnya Pengawasan Penggunaan Gadget Anak-anak Demi Cegah Perundungan di Sekolah

- 14 Juni 2023, 18:00 WIB
Plh Wali Kota Bandung tekankan pentingnya pengawasan penggunaan Gadget anak demi mencegah risiko terjadinya perundungan di sekolah, saat ditemui di SMPN 2 Bandung, Rabu 14 Juni 2023
Plh Wali Kota Bandung tekankan pentingnya pengawasan penggunaan Gadget anak demi mencegah risiko terjadinya perundungan di sekolah, saat ditemui di SMPN 2 Bandung, Rabu 14 Juni 2023 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengingatkan peran guru dan orang tua siswa dalam mengawasi penggunaan gawai (gadget) oleh anak-anak.

Hal itu disampaikan Ema Sumarna dalam rapat koordinasi bersama seluruh kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Ditegaskan Ema Sumarna, pengawasan ketat dari guru dan juga orang tua siswa menjadi kunci utama pengendalian potensi hal negatif yang dilakukan siswa, seperti misalnya perundungan.

Baca Juga: Keistimewaan BIM, Beasiswa untuk Putri Ariani Kuliah di The Juilliard School dari Nadiem Makarim

"Saya tidak berkesimpulan perundungan terjadi seutuhnya karena (kehadiran) gadget. Tetapi sedikit banyaknya perundungan terjadi karena tidak bijak menggunakan gadget," ujarnya saat rapat koordinasi di SMP Negeri 2 Bandung, Rabu 14 Juni 2023.

Diimbau Ema Sumarna, penggunaan gawai oleh anak usia sekolah sebaiknya ditujukan untuk alat komunikasi dengan orang tua saja.

"Untuk berkomunikasi, misalnya dengan ibu atau bapaknya, memberi kabar akan dijemput pukul berapa, atau menanyakan kondisi kesehatan. Sesuai fungsi alat komunikasi itu saja," jelasnya.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Putri Ariani Sampaikan Harapan Pribadinya ke Presiden

Ema Sumarna memberi saran agar para sekolah memberlakukan aturan yang pada prinsipnya meminimalisir penggunaan gawai di jam pelajaran. Kata Ema, gawai tersebut bisa saja dititipkan ke pihak guru di sekolah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x