Sampah Sisa Lebaran Numpuk, Pemkot Bandung akan Bikin TPA Darurat di Jatihandap

- 28 April 2023, 21:00 WIB
Tumpukan sampah di TPS Kota Bandung yang belum bisa terangkut ke TPA Sarimukti.
Tumpukan sampah di TPS Kota Bandung yang belum bisa terangkut ke TPA Sarimukti. /HUMAS BANDUNG


PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membuat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darurat guna mengatasi masalah penumpukan sampah sisa libur Lebaran Idul Fitri 2023.

Solusi Pemkot Bandung untuk menghadirkan TPA Darurat ini dikarenakan sampah sisa Lebaran menumpuk di 55 Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Penumpukan sampah di 55 TPS Kota Bandung ini lantaran masih terkendalanya operasional TPA Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: 700 Ton Sampah Lebaran Menumpuk di TPS dan Belum Dibuang ke TPA Sarimukti, Pemkot Bandung Siapkan Solusi

Lokasi TPA Darurat yang tengah dipikirkan Pemkot Bandung untuk bantu mengurangi tumpukan sampah sementara di 55 TPS yaitu di kawasan Cicabe, Jatihandap, Kota Bandung.

Rencana pembuatan TPA Darurat di Cicabe, Jatihandap ini disampaikan Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna di sela-sela meninjau sejumlah wilayah di Kota Bandung, Jumat 28 April 2023.

“Kita upayakan sementara, beberapa lahan milik Pemkot Bandung seperti di Cicabe untuk menampung sementara. Kita juga lakukan pola substitusi di TPS yang overload. Misal dari TPS Cibeunying ke Babakan Siliwangi, begitu TPA sudah memungkinkan, kita angkut ke TPA. Sementara begitu polanya," ucap Ema Sumarna.

Baca Juga: TPA Sarimukti Tidak Beroperasi di Hari H Lebaran, Warga Bandung Harus Simpan Sementara Sampah Masing-masing

Meski begitu, Ema menyebut perlu ada tinjauan lebih lanjut terkait penggunaan lahan di Cicabe. Jika nanti upaya ini terpaksa dilakukan, dia memohon kolaborasi masyarakat di wilayah tersebut untuk bisa berbesar hati.

"Kita berkolaborasi, kebesaran hati bagian dari kontribusi. Di sisi lain masyarakat juga tidak bisa menahan membuang sampah. Jika semua sudah normal, kita akan kembali ke TPA Sarimukti," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah