Pemkot Bandung Tertarik dengan Mesin Pengolah Sampah yang Merupakan Inovasi dari Kodam III/Siliwangi

- 30 Maret 2023, 19:40 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau mesin pengolah sampah inovasi dari Kodam III/Siliwangi di Lembang Bandung Barat Kamis, 30 Maret 2023.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau mesin pengolah sampah inovasi dari Kodam III/Siliwangi di Lembang Bandung Barat Kamis, 30 Maret 2023. /Diskominfo kota bandung/

PRFMNEWS - Kodam III/Siliwangi pada Januari 2023 lalu telah meluncurkan sebuah inovasi yang dapat membantu mengatasi masalah sampah. Inovasi tersebut adalah dengan menciptakan sebuah mesin pencacah sampah, mesin pencetak briket, mesin pencuci plastik, mesin Hybrid Burner, Kompor Bara Api (Kobara) dan mesin pembuat garam serta Biomass Burner.

Mesin tersebut terpasang di sebuah tempat pengolahan sampah yang berada di Jalan Raya Lembang Kabupaten Bandung Barat dan telah dilihat langsung oleh Wali kota Bandung Yana Mulyana hari ini Kamis, 30 Maret 2023.

Saat meninjau mesin tersebut, Yana mengaku tertarik dengan mesin tersebut karena ada beberapa kelebihan dari mesin pengolah sampah yang bisa memaksimalkan kerja alat pengolah sampah yang kini ada di Tempat Pengolahan Sampah (TPS) di Kota Bandung.

Baca Juga: Nabung Sampah Selama 15 Bulan, RW 10 Dago Berhasil Tarik Saldo Rp28,7 Juta

Karena itu, Pemkot Bandung pun bersiap menjajaki kerja sama dengan Kodam III/Siliwangi untuk hal ini.

"Ini sejenis RDF, sama seperti yang kita kembangkan di TPS milik Pemerintah Kota Bandung. Hanya saja di sini lebih singkat waktu pengolahannya bisa selesai dalam hitungan jam. Tentu kami tertarik untuk menjalin kerja sama," ucap Yana usai peninjauan.

Selanjutnya, Pemkot Bandung akan melihat mekanisme kerja sama. Nantinya mesin-mesin pengolah sampah tersebut akan diaplikasikan di beberapa TPS milik Pemkot Bandung.

Baca Juga: Ratusan Kader Bandung Bedas Bersih Sampah Disiagakan Menjelang Ramadhan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x