Bukan Fenomena 'Heatwave', Ternyata Ini yang Menjadi Faktor Suhu Kota Bandung Lebih Menyengat

- 26 April 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi cuaca panas di Bandung.
Ilustrasi cuaca panas di Bandung. /PRFM

PRFMNEWS - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati merilis perkembangan gelombang panas Asia 2023, Selasa, 25 April 2023.

Semenjak pekan lalu hingga hari ini, hampir sebagian besar negara-negara di Asia Selatan masih terdampak gelombang panas atau "heatwave".

Badan Meteorologi di negara-negara Asia seperti Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand dan Laos telah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40°C yang telah berlangsung beberapa hari belakangan dengan rekor-rekor baru suhu maksimum di wilayahnya.

Baca Juga: BMKG Ungkap Penyebab Cuaca di Bandung Terasa Lebih Panas Menyengat di Siang Tapi Potensi Hujan di Sore

Begitu juga dengan di Kota bandung yang akhir-akhir ini suhu udaranya sedang panas-panasnya, namun apakah benar gelombang panas yang menjadi faktor utamanya?

Staf Data dan Informasi BMKG Bandung, Yuni Yulianti menjelaskan bahwa berdasarkan pengamatan cuaca di Stasiun Geofisika Bandung untuk suhu di Bandung maksimum masih berada di kisaran 29-30,4 derajat celcius.

"Kemudian di Lembang maksimumnya di 25-26,2 derajat celcius. Masih dalam kategori normal, sejauh ini tidak terlalu signifikan," ujar Yuni kepada Humas Kota Bandung, Selasa 25 April 2023.

Baca Juga: Hati-hati Fenomena Sinar UV Ekstrem Terjadi Hari Ini, BMKG: Gunakan Tabir Surya

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang membuat suhu Kota Bandung terasa lebih panas. Di antaranya, Indonesia saat ini akan masuk musim kemarau, tutupan awan berkurang sehingga intensitas radiasi matahari lebih maksimum, dan dinamika atmosfer yang tidak biasa.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x