BMKG Jelaskan Penyebab Angin Kencang di Bandung Raya, Berpotensi Terjadi Selama Seminggu

- 4 Februari 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi angin kencang.
Ilustrasi angin kencang. /PRFMNEWS.


PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap alasan angin kencang yang dirasakan warga Bandung Raya beberapa hari terakhir ini.

Prakirawan BMKG Kota Bandung, Yan Firdaus mengatakan, ada dua faktor yang menyebabkan angin lebih kencang di Bandung.

Faktor pertama adalah aktivitas ITCZ (Intertropical Convergence Zone) di wilayah selatan Indonesia dan berdekatan dengan pulau Jawa.

Baca Juga: Ada Korban Meninggal dalam Kejadian Pohon Tumbang di Cikole Lembang Pagi Tadi

"Sekarang itu salah satu gangguan atmosfer di wilayah bandung raya adalah angin kencang, pertama, adanya aktivitas ITCZ (Intertropical Convergence Zone) di wilayah selatan indonesia, berdekatan dengan pulau Jawa," kata Yan saat on air di Radio PRFM, Sabtu 4 Februari 2023.

Dikutip dari climate4life, ITCZ terbentuk pada daerah tekanan rendah di sekitar kawasan tropis yang kemudian menjadi tempat pertemuan angin pasat dari utara dan selatan bumi. Ciri khas cuaca yang terbentuk saat dilewati ITCZ adalah berupa hujan deras yang terkadang disertai petir dan angin kencang.

Kemudian faktor kedua adalah pola pertemuan arus angin yang memanjang dari Sumatera hingga Jawa bagian barat, khususnya bagian selatan.

Baca Juga: Keren, Mahasiswa UPI Ciptakan dan Pasarkan Alat Pendinginan Ikan Bertenaga Angin yang Bisa Bantu Nelayan

"Hal ini menyebabkan beberapa hari terakhir angin terasa lebih kencang, juga mengganggu pertumbuhan awan hujan di Jabar bagian tengah," terang Yan.

Adapun kondisi angin kencang di Bandung Raya dikatakannya kemungkinan berlangsung hingga sepekan ke depan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x