BMKG Prediksi Cuaca Dingin Kota Bandung Sampai 6 Januari 2023

- 31 Desember 2022, 18:00 WIB
Ilustrasi cuaca dingin di Kota Bandung
Ilustrasi cuaca dingin di Kota Bandung /PRFM

PRFMNEWS – Cuaca Kota Bandung yang lebih dingin dari biasanya dirasakan warga dan terjadi dalam sepekan terakhir ini yang juga bertepatan pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.

Penyebab cuaca Kota Bandung terasa lebih dingin beberapa hari terakhir di penghujung tahun 2022 ini diungkap BMKG Kota Bandung.

Selain penyebab, BMKG juga menyampaikan sampai kapan cuaca lebih dingin ini akan terasa di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya.

Baca Juga: CFN Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Bogor Ditutup 12 Jam, Kendaraan Arah Bandung Dialihkan ke Jalan Alternatif

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kota Bandung Teguh Rahayu menyebut cuaca lebih dingin disebabkan adanya cuaca ekstrem yang tengah melanda wilayah Indonesia, termasuk Kota Bandung.

Teguh memaparkan, cuaca ekstrem yang terjadi pada Nataru 2022/2023 dipicu masih aktifnya Monsun Asia dan masih teridentifikasinya seruak dingin dan arus lintas ekuator.

“Selain itu, masih aktifnya MJO (Madden Julian Oscillation) + Kelvin + Rossby dan pola tekanan rendah Ex-Siklon Tropis Ellie di Australia juga turut memicu terjadinya cuaca ekstrem,” katanya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Bandung Raya pada Malam Tahun Baru 2023

Ia menyatakan, kondisi cuaca lebih dingin di Kota Bandung diperkirakan akan terjadi hingga Jumat, 6 Januari 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x