Keren, Mahasiswa UPI Ciptakan dan Pasarkan Alat Pendinginan Ikan Bertenaga Angin yang Bisa Bantu Nelayan

- 3 November 2022, 08:00 WIB
Mahasiswa UPI yang berhasil ciptakan alat pendingin ikanbertenaga angin.
Mahasiswa UPI yang berhasil ciptakan alat pendingin ikanbertenaga angin. /Humas UPI/

PRFMNEWS - Tim mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menciptakan inovasi Coolbox termoelektrik dengan tenaga angin untuk mempertahankan temperature dalam coolbox bagi nelayan.

Alat ini diciptakan oleh Siti Laily Masnah sebagai ketua, serta Andri Adi Seftandi, Muhammad Ihsan, Airlangga Adi Satria, Alviana Afifah Rahmawati sebagai tim anggota yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Pendidikan Teknologi Kejuruan (FPTK) UPI.

Strategi Produksi Coolbox Termoelektrik Tenaga Angin ini kata Siti Laily Masnah adalah menghasilkan coolbox termoelektrik tenaga angin skala penuh serta bermanfaat bagi nelayan dalam mempertahankan mutu hasil tangkapan.

Dia memaparkan, Inovasi teknologi ini diciptakan untuk memperlama waktu penyimpanan dan mempertahankan kesegaran ikan di dalam coolbox.

Baca Juga: Program Matching Fund Kedaireka UPI Dorong Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri

Lebih lanjut, Siti Laily Masnah menjelaskan bahwa Coolbox termoelektrik ini menggunakan sumber listrik dari angin, energi gerak pada turbin vertikal yang dihasilkan oleh angin yang diubah menjadi energi listrik sehingga dapat digunakan pada saat berlayar serta untuk membantu nelayan pada saat penangkapan ikan sehingga nelayan dapat lebih lama di laut tanpa khawatir ikannya membusuk.

Prinsip Kerja Coolbox Termoelektrik Tenaga Angin ini melalui hembusan angin yang datang memutarkan turbin, lalu diteruskan untuk memutar rotor pada alternator, alternator ini akan mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Selanjutnya daya listrik yang dihasilkan generator akan disimpan di baterai. Listrik dari baterai mengalir ke sistem coolbox termoelektrik yang dikonversi menjadi energi panas dan dingin.

Penciptaan dan atau produksi serta pengujian Coolbox Termoelektrik Tenaga Angin dibimbing oleh Apri Wiyono, S.Pd., M.T yang sudah dilakukan di Laboratorium Refrigerasi dan Tata Udara Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Pendidikan dan Teknologi Kejuruan (FPTK) UPI.

Baca Juga: Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kemendikbudristek Sukses Menginspirasi Mahasiswa UPI dan Mahasiswa di Indonesia

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x