Mahasiswa ITB Buat Aplikasi Perencana Perjalanan Berbasis Artificial Intelligence

- 24 Januari 2023, 15:00 WIB
Aplikasi Odiga ciptaan Mahasiswa ITB yang membantu merencanakan perjalanan wisata.
Aplikasi Odiga ciptaan Mahasiswa ITB yang membantu merencanakan perjalanan wisata. /

 

PRFMNEWS - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat aplikasi yang mempermudah pengguna dalam merencanakan perjalanan ke tempat wisata.

Aplikasi tersebut bernama 'Odiga' yang dapat merumuskan dan menyarankan rekomendasi tempat liburan hingga jalur yang harus ditempuh agar lebih efisien waktu.

Odiga merupakan web aplikasi perencanaan perjalanan yang memanfaatkan K-Means clustering, collaborative filtering, dan genetic algorithm.

Baca Juga: Kembangkan Kurikulum Astronomi ITB, Direktur Observatorium Bosscha Raih Penghargaan Royal Astronomical Society

Adalah dua mahasiswa dari Teknik Fisika ITB yakni Mulyo Kusumo dan Syarifa Khairunnisa serta satu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika, Muhammad Rifqi Syatria yang berkontribusi dalam pembuatan aplikasi Odiga.

Odiga dilengkapi dengan empat fitur. Fitur pertama adalah perencanaan perjalanan dengan peta interaktif dari Mapbox GL JS. Melalui fitur ini pengguna dapat memilih tempat-tempat yang ingin dikunjungi langsung di atas peta.

Fitur kedua adalah perencanaan waktu berbasis artificial intelligence (AI). Dengan sekali klik, pengguna dapat mengetahui pembagian waktu paling efektif berdasarkan lokasi tempat dan jumlah hari dari rencana perjalanan.

Baca Juga: Kembangkan Green Pharmacy, ITB Jadi Mitra Pemerintah Untuk Riset Farmasi dan Kesehatan

Fitur ketiga adalah pengoptimalan rute berbasis AI. Sebelumnya, urutan lokasi yang ingin dituju mengikuti urutan ketika pengguna memasukkan lokasi tersebut ke web aplikasi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x