Kasus Cacar Monyet Sudah Masuk ke Indonesia, Yana Mulyana Imbau Masyarakat Terapkan PHBS

- 23 Agustus 2022, 09:45 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Wali Kota Bandung Yana Mulyana /Adpim Kota Bandung/

PRFMNEWS - Kementerian Kesehatan memastikan satu warga negara Indonesia terkonfirmasi menderita cacar monyet (monkeypox).

Pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun, dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta agar masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menghindari penyebaran virus cacar monyet atau Monkey Pox.

"Masyarakat tetap harus melaksanakan perilaku hidup bersih. Dengan kita melaksanakan protokol kesehatan sama seperti kita mencegah Covid-19, harusnya secara teori kita bisa terhindar dari paparan cacar monyet," kata Yana seperti dikutip prfmnews.id melalui laman Humas Kota Bandung pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Baca Juga: Kemenkes: Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia, Satu Orang Terkonfirmasi Positif di Jakarta

Sampai saat ini Kota Bandung tidak ditemukan adanya kasus cacar monyet. Oleh sebab itu Yana berharap agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus cacar monyet tersebut di Kota Bandung.

"Jangan sampai ada di Bandung. Masyarakat harus taat protokol kesehatan, kalau kita memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan harusnya kita bisa terhindar," katanya.

Untuk diketahui, penularan cacar monyet bisa terjadi dari manusia ke manusia, maupun dari hewan ke manusia. Sebab, penyakit ini merupakan zoonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

Baca Juga: Cegah Diabetes Sejak Usia Muda dengan Cara Mudah yang Dijelaskan dr. Clarin Hayes ini

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x