Vaksinasi PMK untuk Hewan Ternak di Bandung Terus Berlanjut

- 8 Agustus 2022, 14:45 WIB
Vaksinasi PMK untuk hewan ternak di Bandung terus dilakukan.
Vaksinasi PMK untuk hewan ternak di Bandung terus dilakukan. /HUMAS BANDUNG


PRFMNEWS - Vaksinasi bagi hewan ternak untuk pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Bandung dipastikan terus berlanjut.

Dosis pertama suntik vaksin PMK untuk hewan ternak telah diberikan kepada 200 hewan saat jelang Idul Adha lalu. Sedangkan dosis kedua juga telah diberikan terhadap 200 hewan.

"Dosis kedua itu 200 dosis pada 2 Agustus kemarin. Itu tidak utuh semuanya, karena sebagian yang vaksin awal itu terjual dan dipotong saat kurban. Ada 200 dosis (pertama) juga vaksin dan sampai hari ini baru digunakan 256 dosis. Kita manfaatkan vaksin ini," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar.

Baca Juga: Pemerintah akan Ganti Rugi Hewan Ternak Mati Karena PMK kepada Peternak, Aturannya Segera Diterbitkan

Gin gin menyampaikan, untuk saat ini diprioritaskan kepada hewan sapi yang memiliki umur panjang, seperti indukan termasuk sapi perah.

Jika tidak digunakan bagi sapi, maka vaksin tersebut digunakan bagi kambing atau domba, yang utamanya yaitu pada masa pembibitan.

"Kalau tidak ada (untuk sapi) disarankan untuk domba atau kambing. Terutama pada pembibitan. Prinsipnya silahkan ke daerah masing-masing bahwa vaksin ini bisa dimanfaatkan," kata Gin Gin.

Baca Juga: Media Internasional Soroti PMK di Indonesia, Sebut Wabah Paling Ditakuti

Ia menerangkan, vaksin pada hewan saat ini, sama halnya seperti manusia, ada dosis pertama dan dosis kedua.

"Ini dua kali vaksin, kaya kita (manusia) diulang ada dosis pertama dan dosis kedua, ini pun sama. Vaksin pertama kemudian 4 minggu lanjut kedua," ujar Gin Gin.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x